IKAN PAUS KOK MAKANANNYA MAKHLUK KECIL, YA .,,,

bumikukeluargaku
Paus Pembunuh
Setahu kita ikan paling besar adalah ikan paus. Ukuran tubuhnya mencapai puluhan meter (bandingkan dengan manusia yang tingginya mayoritas tidak mencapai 2 meter). Wow, sebesar gimana ya ikan paus? Tapi, tahukan Kawan, spesies paus bertubuh besar justru makanannya makhluk kecil-kecil....


bumikukeluargaku

Paus pembunuh mempunya gigi sangat tajam, 
Kalau sudah dicengkram gigi seperti ini, mangsanya pasti tidak bisa berkutik.

Kalau dilihat dari cara makannya, paus bisa dipisahkan menjadi dua, yaitu paus bergigi dan paus baleen. Paus bergigi menggunakan giginya untuk menangkap makanan, merobek dan memakannya. Paus bergigi mempunyai satu lubang penyembur di atas kepalanya. Paus pembunuh, paus sperma, paus pilot (kalau ada berita paus terdampar di pantai, biasanya paus pilot ini), termasuk paus bergigi.


Paus baleen, apaan tuh baleen? Baleen itu semacam surai di mulut. Bentuknya seperti sisir. Gunanya baleen itu untuk menyaring makanan. Makanan yang disaringnya itu biasanya berupa plankton (tanaman dan hewan kecil yang mengapung di laut) dan kril. Caranya, ikan paus baleen ini berenang sambil membuka mulutnya. Air, plankton, dan kril masuk ke dalam mulutnya. Air bisa dikeluarkan lagi, sementara plankton dan kril terjebak. Oh iya, lubang penyembur paus baleen ini ada dua. Lubang penyembur ini untuk bernapas.
bumikukeluargaku

Paus baleen sedang mencari makan. 
Mulutnya terbuka, menyaring plankton, kril dan ikan-ikan kecil. 

Pasti sudah pada tahu segimana kecilnya ukuran plankton. Nah, kalau kril, apaan tuh kril? Kril itu seperti udang, tapi ukurannya keciiill banget. Beberapa jenis kril lebih kecil daripada sebutir beras. Wow, ajaib sekali ya, subhanallah, ikan sebesar paus makanannya kok kecil banget.

bumikukeluargaku
Inilah kril setelah diperbesar. 
Beberapa jenis kril tidak lebih besar dari sebutir beras.

Fakta menarik tentang paus:
1.      Di lautan lepas, usia paus bisa sampai lima puluh tahun.
2.      Spesies paus yang kecil seringkali kita sebut lumba-lumba dan pesut.
3.      Pod adalah sekawanan paus yang berenang mencari makan bersama. Setiap pod mempunya “logat bicara” yang berbeda. (hehe... seperti manusia juga ya.)
4.      Bayi paus biru bisa bertambah berat badan 90 kg dalam sehari. (hoho... yang ini susah ngebayanginnya deh.)          


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "IKAN PAUS KOK MAKANANNYA MAKHLUK KECIL, YA .,,,"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....