MENARA MIRING PISA

Pribahasa “kegagalan adalah sukses yang tertunda” barangkali mesti diperbaiki. Karena seringkali kegagalan malah mendatangkan sukses. Jadi, tidak tertunda. Buktinya nih: sebuah menara yang rencananya dibangun puluhan lantai, baru dibangun lantai ketiga sudah miring. Penyebabnya, tanah di dasar bangunan mulai turun. Gagal?
bumikukeluargaku
Bandingkan menara miring ini dengan gedung yang tegak di sebelahnya. Siapa yang mengira, menara miring akan jauh lebih terkenal....

Bisa jadi awalnya dianggap gagal. Tapi berabad-abad kemudian sampai jaman kita sekarang ini, bila kita menyebut menara terkenal, menara ini akan disebut. Tahu kan menara apa yang dimaksud? Bila masih belum jelas, ini keterangan tambahan: menara ini berada di Pisa, Italia. Ya, betul sekali, Menara Miring itu yang dimaksud.



Menara Miring Pisa dibangun pada tahun 1173, dan selesai tahun 1372 (hitung sendiri deh, berapa tahun tuh lamanya). Konon, kemiringan menara ini mencapai kira-kira lima meter dari garis sipat. Dan malangnya, setiap tahun kemiringan menara ini bertambah. Tapi sampai sekarang tidak menyebabkan roboh, ya?
Betul, para insinyur di seluruh dunia ikut memikirkan, bagaimana caranya Menara Miring Pisa ini tidak bertambah miring, kalau bisa semakin tegak deh. Ada beberapa catatan usaha yang telah dilakukan. Tahun 1994, ditanam 600 ton timah di dasar menara. Hasilnya, menara agak tegak sebanyak satu senti meter. Tahun 1995 ditancapkan ke dalam tanah 10 kabel baja ukuran 50 meter, lalu disambungkan ke menara. Hasilnya agak lumayan, menara bertambah tegak sebanyak 2.5 cm.
“Tapi usaha menegakkan menara itu jangan terlalu sering, ya,” kata seorang anak.
“Lho, kenapa?” tanya temannya.
“Kalau nanti tegak, menara itu tidak terkenal lagi dong.”
Hehe... ada-ada saja.
Galileo Galilei saat menjatuhkan dua benda dalam percobaannya.

Oh iya, konon, ilmuwan terkenal yang lahir di Pisa, yaitu Galileo Galilei, saat percobaan menjatuhkan dua benda bersamaan; tempatnya ya di Menara Miring Pisa itu. Maksudnya, dua benda (yang satu lebih berat sampai 100 kali lipat) dijatuhkan bersamaan, untuk membuktikan bahwa keduanya akan jatuh ke tanah pada waktu bersamaan. Tahu kan siapa Galileo Galilei? Ah, dasar... malas baca. Ok deh, bila belum tahu, nanti kita cari tahu siapa Galileo Galilei itu. Kisah Menara Miring Pisanya udah dulu, ya. Bila punya informasi tambahan tentang Menara Miring Pisa, tulis ya di komentar.... **       



sumber foto: WWP, Tigaraksa

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENARA MIRING PISA"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....