TAHUKAH KAWAN, MENGAPA IKAN PIRANHA MENYERANG MANUSIA?


Ikan piranha terkenal dengan cerita-ceritanya yang mengerikan. Konon, di daerah asalnya di sungai-sungai Amerika Selatan, piranha bisa menjadi sesuatu yang menakutkan. Hewan sebesar sapi saja bila tercebur ke sungai bisa tinggal tulang-tulangnya saja dalam waktu beberapa menit diserbu oleh gerombolan piranha.

bumiku keluargaku
Ikan piranha juga menyerang ikan lainnya yang lemah. (sumber foto: thegourmelforager.com)  

Gigi piranha sangatlah tajam, biasanya dibandingkan dengan ketajaman pisau cukur. Rahangnya sangat kuat sehingga mampu merobek daging binatang besar dengan cepat. Tapi benarkah piranha semengerikan itu? Karana kalau melihat penampilannya, rasanya tidaklah begitu berbeda dengan ikan bawal. Malah selagi muda ada piranha yang perutnya kemerahan dan bagus sebagai ikan hias.

Sebenarnya ikan piranha tidaklah begitu menakutkan. Dari sekitar 30 spesies piranha, hanya 4 spesies yang berbahaya bagi manusia. Sebagian piranha juga ada yang makanan utamanya tumbuhan air. Piranha pemakan daging, juga lebih suka menyerang ikan-ikan yang lebih lemah. Misalnya ikan yang terluka. Meski berasal dari jenisnya sendiri, bila ikan itu terluka, dia akan diserangnya.

BACA: IKAN PAUS KOK MAKANANNYA MAKHLUK KECIL, YA .

Piranha sangat peka terhadap luka dan darah. Ini yang menjadikannya sangat berbahaya. Konon ada seekor kuda terluka yang tercebur ke sungai yang ada gerombolan piranha ganasnya. Hanya dalam waktu hitungan menit kuda itu pun diserangnya dan yang tersisa hanyalah tulang-tulangnya.
Tentu saja sekarang ikan piranha sudah menyebar ke berbagai penjuru dunia. Di kita pun sering didapatkan orang memelihara piranha di dalam aquarium. Hati-hati saja, jangan sampai ada jari tangan yang masuk ke dalam aquarium, karena sekali sambar bisa patal akibatnya. 
Ikuti juga bahasan tentang MENGAPA IKAN PIRANHA MENYERANG MANUSIA di sini:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TAHUKAH KAWAN, MENGAPA IKAN PIRANHA MENYERANG MANUSIA?"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....