Balap Hewan Terunik yang Pernah Ada

bumiku keluargaku
Balap hewan telah dikenal sejak manusia bermasyarakat. Olimpiade kuno Yunani tahun 664 sebelum Masehi mencatat balap kuda sebagai acara resmi cikal-bakal perhelatan olahraga internasional itu. Sampai sekarang balap kuda tetap favorit dengan peraturan yang tidak begitu berubah. Tapi selain kuda yang identik dengan kecepatan, ada hewan lainnya yang dibalapkan. Karena hewan-hewan ini tidak identik dengan kecepatan atau kekuatan, balapan ini berkesan unik dan aneh. Yuk, kita lihat balapan hewan yang pernah berlangsung (ada juga yang masih rutin sampai sekarang).
1. Tentu sulit membayangkan Hamster kecil lucu itu dibalapkan. Tapi ini memang terjadi tahun 2001 lalu di Inggris. Waktu itu penyakit kaki dan mulut mewabah. Karena ditengarai penyebarannya melalui hewan, maka ada peraturan pemerintah yang membatasi pergerakan (perpindahan) hewan. Termasuk kuda yang di Inggris sejak dulu balapan kuda adalah hiburan populer masyarakat. Karena putus asa tidak bisa membalapkan kuda, perusahaan taruhan balap kuda Blue Squere lalu melangsungkan balapan Hamster. Ada-ada saja.

Referensi pihak ketiga
2. Bayangkan, bagaimana bila siput dibalapkan? Haha, kurang kerjaan. Stop dulu, jangan menilai sembarangan. Masih di kerajaan Ingris, di lapangan Kriket, Congham, wilayah Norfolk Inggris, ada balapan siput. Siput yang dibalapkannya jenis lokal kecil (helix aspersa). Karena jalur siput sering tidak jelas dan siputnya juga serupa, maka di cangkangnya dikasih nomor. Siput-siput yang mau dibalapkan itu dikumpulkan di tengah lingkaran. Lalu wasit berteriak “Ready, Steady, SLOW...! (Bersiap, Bersedia, LAMBAT...!)” dan siput-siput itu diam hehe. Siput-siput itu berjalan sampai ke lingkaran luar sebagai finis. Rekor tercepat balap ini masih dipegang Archi yang ikut balapan tahun 1995 dengan mencatat waktu 2 menit.

Referensi pihak ketiga
3. Ini terjadi di tanah air. Para peternak kelinci di Probolinggo, Jawa Timur, menghibur diri dengan mengadakan event balap kelinci. Hewan bertelinga panjang yang dibalapkan hanya hewan lokal yang biasa dipelihara masyarakat kampung. Sekitar 100 orang peternak, ada juga yang dari Madura dan Lumajang, mengikuti event ini. Hasilnya, bukan saja kegembiraan di antara peternak. Tapi juga jadi banyak penonton yang ingin membeli kelinci, harga kelinci pun melonjak beberapa kali lipat.

Referensi pihak ketiga
4. Lain di Probolinggo lain di Sumatera Barat. Event tradisional ini berupa balap ayam yang dinamai sampo ayam. Dua ekor ayam terikat berdampingan, lalu dibalapkan. Haha, bagaimana bila ayam yang satu ingi terbang? Tapi itulah hiburan tradisional. Banyak wisatawan setiap event sampo ayam ini berlangsung.

Referensi pihak ketiga
5. Balapan yang ini, belum dimulaipun pasti banyak yang menjerit, terutama yang phobia kecoa. Padahal di Hotel Story Bridge, Brisbane, Australia, setiap bulan Januari selalu diadakan balap kecoa. Awalnya tahun 1986 ada dua orang tua yang berdebat, kecoa dari daerah mana yang larinya tercepat? Haha, perdebatan yang aneh ya. Besoknya orang-orang yang sempat melihat perdebatan itu (kalau di kita yang disebut “debat kusir” itu) membawa kecoa dari rumahnya masing-masing. Maka diadakanlah balap kecoa. Dan sampai sekarang masih berlangsung dengan tempat sama di hotel itu.

Referensi pihak ketiga
6. Balap hewan lainnya yang unik dari Sumatera Barat adalah balap ituk. Balapan tradisional yang katanya sudah ada sejak tahun 1028 ini mengharuskan itik terbang, jangan menyentuh tanah, sampai ke garis finis.

Referensi pihak ketiga
7. Balap kura-kura menjadi hiburan warga Minessota, Amerika Serikat. Balap yang sudah ada sejak tahun 1902 ini berawal dari tujuh kura-kura kebun yang diperebutkan anak-anak. Entah bagaimana kejadian selanjutnya hingga berakhir pada balap kura-kura. Kebayang kan segimana jengkelnya mensponsori kura-kura berjalan, haha...

Referensi pihak ketiga

Sumber: bintang.com (29-4-2016), nulis.co.id (2-5-2017), liputan6.com (28-1-2013), anehdidunia.com (24-2-2018),

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Balap Hewan Terunik yang Pernah Ada"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....