HEWAN YANG ANEH DAN UNIK

bumiku keluargaku

Meski sudah jutaan tahun manusia mendiami bumi, tapi masih jutaan misteri planet ini yang tidak diketahui manusia. Karenanya setiap ada penemuan makhluk hidup spesies baru, kita hanya berdecak kagum. Jangankan orang awam, para ilmuwan sendiri kadang bingung menggolongkan dan menempatkan makhluk baru itu. Hewan berikut ini masih belum lama diketahui oleh manusia. Mana di antaranya yang sudah kalian ketahui?

1. Semut panda. Begitu nama hewan ini. Penampilannya lucu, mengesankan. Nama semut panda mungkin karena tubuhnya mirip semut dengan warna hitam putih mirip panda. Padahal hewan ini bukan semut dan bukan panda. Ini adalah sejenis tawon tak bersayap. Dan meski lucu, jangan berani-berani memainkannya di tangan. Sengatannya ternyata sangat kuat, bisa melumpuhkan sapi. Semut panda ini sebenarnya pertama kali ditemukan tahun 1938 di Cile. Sayangnya, belum banyak studi tentangnya.
Referensi pihak ketiga
2. Tenrec. Mamalia kecil ini seperti landak mempunyai duri di punggungnya. Hewan sejenis tikus ini ditemukan di Madagaskar, ada juga di Afrika. Tidak saja penampilannya yang eksotis, tenrec ini unik saat mempertahankan diri. Bila terancam dia akan menegakkan duri-duri di punggungnya. Duri-duri ini akan bergesekan menghasilkan bunyi yang khas. Ternyata duri berbunyi itu bukan hanya mengusir predator, tapi juga memanggil keluarganya. Saat predator mencari cara untuk menangkap tenrec, puluhan tenrec lainnya berdatangan menyerang.
Referensi pihak ketiga
3. Atretochoana. Ampibi ini pertama kali ditemukan di Madeira River, Rondonia, Brasil, tahun 2011. Hewan yang panjangnya sekitar 70-an cm ini seperti ular, tapi juga mirip cacing dalam ukuran besar. Saat pertama kali diteliti dan diumumkan, banyak perempuan yang merasa malu. Ya, karena hewan ini (maaf) mirip kemaluan laki-laki. “Dari bentuk dan warna kulitnya serta lingkaran di bagian kepalanya memang mirip,” kata seorang peneliti.
Referensi pihak ketiga
4. Ngengat elang. Ngengat ini mirip burung, padahal bukan burung. Serangga ini lebih dikenal dengan nama Hawk Moth. Ngengat ini hasil evolusi konvergen, dua organisme berbeda mengembangkan karakteristik serupa saat beradaptasi dengan lingkungan yang sama.
Referensi pihak ketiga
5. Katak India ungu. Katak aneh ini pertama kali ditemukan di pegunungan Ghats Barat, India. Sepanjang hidupnya dihabiskan di bawah tanah. Mencari makannya menggunakan lidahnya yang panjang, menyusuri dan menangkap semut atau serangga di bawah tanah. Katak India ungu ini merupakan hasil dari evolusi berkali-kali yang tak terhitung jumlahnya. Sekalinya keluar tanah katak ini hanya untuk kawin. Masih bersahutan seperti katak biasa, tapi suaranya menyerupai ayam.
Referensi pihak ketiga
Sungguh, baru sedikit sekali yang kita ketahui tentang alam ini.
Sumber : kompas.com (2-12-2013), kompas.com (25-8-2017), merdeka.com (8-8-2012), indtimes.com (22-6-2017) 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "HEWAN YANG ANEH DAN UNIK"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....