Referensi pihak ketiga
Apa yang ada di pikiran kalau ditanya tentang kura-kura? Pasti kebanyak menjawab: tubuhnya mempunyai tempurung. Berjalannya lamban. Tidak ada yang mengira kan kalau kura-kura mempunyai rambut. Warnanya hijau dan berdiri tegak seperti mohican.


hewan unikReferensi pihak ketiga
Kura-kura "Rambut Hijau" ini hanya ditemukan di sungai Mary di Queensland, Australia. Rambut hijaunya itu adalah alga yang tumbuh di tubuhnya. Dan yang terbanyak tumbuh adalah di atas kepalanya, jadi mirip rambut.
Referensi pihak ketiga
Uniknya, kura-kura ini bernafas melalui kloaka. Di kura-kura lainnya kloaka ini adalah saluran pencernaan, urine, dan alat kelamin. Pembawaannya sangat jinak. Campuran keunikan dan jinak inilah yang menyebabkan kura-kura "Rambut Hijau" ini sempat menjadi primadona hewan langka.
Referensi pihak ketiga
Beberapa waktu lalu saat fotonya beredar, langsung menjadi viral karena "rambut hijau"nya itu yang unik. Kura-kura ini bisa bertahan sampai tiga hari di dalam air. Mereka tinggal di sarangnya di bawah air.
Referensi pihak ketiga
Sayangnya, baru saja publik mengetahui keberadaannya, lembaga konservasi hewan Zoological Society of London langsung menyatakan status "hampir punah" untuk kura-kura ini. Ya, penyebabnya selain perburuan untuk peliharaan, juga pembangunan bendungan.
Referensi pihak ketiga
Bagaimana menurutmu, apakah kura-kura unik seperti ini harus dikembangkan di habitatnya atau sebainya dipelihara di rumah-rumah?
Sumber: mongabay.co.id/2018/04/13/baru-saja-viral-kurakura-rambut-hijau-ini-langsung-berstatus-terancam-punah/