Bila Berketombe Parah, Lakukanlah 4 Tips Ini

Rambut berketombe seringkali membuat masalah besar. Tidak saja membuat tidak nyaman dan mengganggu penampilan. Tapi bila sudah berat, ketombe bisa membuat rambut rontok. Rasa gatal di kulit kepala mendorong orang untuk menggaruknya. Nah, garukan itulah yang membuat akar rambut rusak dan mengakibatkan kerontokan.


Tips 4 langkah mengatasi rambut berketombe ini ditulis oleh Diah Ayu Lestari yang kemudian direview dan diedit oleh dr. Damar Upahita. Langkah-langkahnya cukup sederhana dan patut dicoba oleh yang sedang bermasalah dengan ketombe.
1. Pakai sampo antiketombe. Sampo antiketombe sudah banyak beredar di pasaran. Pilihlah sampo yang mengandung asam salisilat, ketoconazole, pyrinthione zinc, atau selenium sulfide. Bahan-bahan itu mampu mengatasi bakteri penyebab ketombe. Hentikanlah penggunaan sampo ini bila kondisi kulit kepala sudah membaik.
2. Menjaga kelembaban kulit kepala. Sangat penting menjaga kelembaban kulit kepala bagi yang menderita ketombe berat. Bisa memakai kondisioner atau bahan alami. Gosokkan ke kulit kepala dan pijit-pijit lembut. Bahan alami bisa memakai minyak kelapa, minyak pohon teh (tea tree oil), minyak zaitun, lidah buaya, atau lemon. Hati-hati bila kulit kepalanya mengalami dermatitis.
3. Menghindari produk yang merusak rambut. Ada orang yang sangat sensitif dengan produk untuk rambut yang mengandung bahan kimia, alkohol, pengawet, dan parfum yang dapat membuat kulit kepala menjadi kering. Bila rambut dan kulit kepala merasa tidak nyaman dengan produk seperti itu, berhentilah sementara. Karena bila didiamkan akan menjadi parah, kulit kepala mengering dan munculnya ketombe.
4. Konsultasi ke dokter. Setelah langkah di atas dilakukan tapi hasilnya masih belum maksimal, konsultasikan dengan dokter. Mengetahui kondisi medis rambut dan kulit kepala sangat penting. Karena dengan mengetahui kondisi medis bisa dicarikan solusi yang tepat.
Rambut adalah mahkota kita, jangan biarkan rusak karena ketidaktahuan.
Sumber: hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/ketombe-parah-rambut-rontok/
foto: emaksuper.com


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bila Berketombe Parah, Lakukanlah 4 Tips Ini"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....