Hati-hati, Minum Soda Setelah dan Sebelum Olahraga Tidak Baik Bagi Kesehatan

bumiku keluargaku
Terutama setelah berolahraga, biasanya kita minum minuman dingin bersoda. Segar dan enak, melegakan tenggorokan. Ternyata minuman bersoda setelah atau sebelum berolahraga tidak dianjurkan. Mengapa?
Menurut Vandana Sheth, RDN, CDE, seorang juru bicara dari Academy of Nutrition and Dietetics, minuman bersoda mengandung gula sederhana yang bisa cepat diserap tubuh. Gula darah dengan cepat bisa melonjak. Tapi gula dari soda tadi akan digunakan menggantikan energi yang hilang. Karenanya, gula darah yang tadi melonjak tinggi, lalu turun lagi secara drastis.
Maka bisa dimengerti bila minum minuman bersoda setelah olahraga bukannya menjadikan tubuh bugar, tapi malah menjadi lemes dan haus. Dalam kasus tertentu, ada juga atlet yang malah sakit perut.
Bagi yang sedang diet, kebiasaan minum minuman bersoda setelah olahraga juga sangat tidak dianjurkan. Olahraga bisa membakar kalori lebih banyak, tapi dengan minuman bersoda kalori itu bertambah lagi. Karenanya berat badan tetap saja di tempat.
Tentu saja bila untuk atlet ada kekecualian, yaitu buat atlet thriatlon yang membutuhkan stamina yang sangat baik. Jadi, dianjutkan setelah dan sebelum olahraga itu minum air putih saja.
Sumber + foto: hellosehat.com/hidup-sehat/kebugaran/efek-minum-soda-setelah-olahraga/


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hati-hati, Minum Soda Setelah dan Sebelum Olahraga Tidak Baik Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....