Jangan Mencuci Telur Sebelum Dimasak, Kanapa?

Seringkali, karena ada kotoran ayam menempel di telur, lalu kita mencucinya sebelum disimpan. Dan telur perlu waktu beberapa hari untuk habis. Atau malah disimpan di kulkas sampai beberapa lama. Baikkah hal seperti itu?
Menurut USDA (Departemen Pertanian AS) dan ahli gizi, mencuci telur sebelum dimasak justru menakutkan. Takut kenapa? Takut telurnya malah terpapar bakteri.
"Jika kamu mencuci telur sebelum memasaknya, karena cangkangnya keropos, air dapat mendorong bakteri ke dalam telur," kata Amy Leigh Mercree, pakar kesehatan dan penulis buku The Mood Book (dan sepuluh buku lainnya).
Bila masih ingin mencucinya, lebih baik dicuci dengan air hangat. Dan jangan lupa, jangan pergunakan sabun. Karena dicuci dengan sabun pun detergennya ditakutkan masuk ke dalam telur. Sebaiknya bila dicuci dengan air hangat, seterusnya segera habiskan. Biar setelah habis bisa membeli lagi telur yang lebih baru dan segar.
Kadang juga kita mendapatkan telur yang retak. Telur seperti itu jangan terlalu lama disimpan. Sebaiknya segerakan dimasak.
Sumber: lifestyle.kompas.com/read/2019/03/03/114100420/mencuci-telur-sebelum-dimasak-tak-disarankan.
foto: liputan6.com


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jangan Mencuci Telur Sebelum Dimasak, Kanapa?"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....