Resep Agar Kue Sus Tidak Kempes


bumiku keluargaku
Anda penggemar kue sus? Sesekali anda bisa mencoba sendiri kue sus di rumah. Kelembutan kue sus banyak dipengaruhi oleh jumlah telur. Semakin banyak telur, kue sus akan terasa lebih lembut. Anda bisa menentukan sendiri mau membuat adonan bagaimana.


Supaya sus mengembang dan terlihat cantik, ada beberapa tips berikut;
1. Perbandingan telur, air dan margarin harus pas. Kenapa harus pas, karena kalau lebih, adonan akan lebih cair dan akan sulit mengembang. Rumusnya air : tepung : margarin adalah 2 : 1 : 1, misalkan air 200 ml, terigu dan mentega masing-masing 100 gr. Nah, sekarang tinggal mengubah jumlah telurnya.
2. Telur. Untuk adonan di atas, telur disesuaikan dengan keinginan hasil sus. 2 telur, kue sus cenderung keras. 3 telur bisa mengembang dan lembut. 4 telur karena terlalu encer, hasilnya lembut namun tidak mengembang.
3. Telur harus dimasukkan ke adonan jika adonan sudah dingin. Saat memasak campuran bahan (air, margarin, dan tepung) di atas kompor sampai mengental, jangan dulu memasukkan telur. Telur hanya dimasukkan jika adonan sudah benar-benar dingin. Menurut pakar Bogasari Baking, Triana Murdiastanti mengatakan “Jangan memasukkan adonan yang masih terlalu panas. Hal ini membuat fungsi telur sebagai pengembang akan gagal."
4. Kemudian menurut Triani, saat mengocok telur dan terigu, jangan menggunakan mixer kecepatan tinggi.
5. Jangan membuka oven saat sus belum matang. Untuk membuat adonan mengembang sempurna, dibutuhkan suhu yang panas. Jika tiba-tiba di buka, adonan yang tadinya mengembang akan menjadi kempes, karena ada udara dingin yang masuk. Memanggang kue sus kira-kira 200 derajat Celsius selama 25 menit.
Nah, itulah tip membuat kue sus. Untuk bahan isian bisa sesuka hati. Selamat mencoba.
Sumber : tribunnews.com/lifestyle/2019/02/27/ingin-kue-sus-buatan-anda-mengembang-sempurna-dan-anti-kempes-ikuti-tips-ini?, viva.co.id/gaya-hidup/kuliner/766153-kesulitan-membuat-kue-sus-ketahui-tips-dan-triknya
foto: buahhatiku.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Agar Kue Sus Tidak Kempes"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....