Yuk Bangun Pagi, Inilah 4 Manfaatnya Menurut Ahli Kesehatan

Bangun pagi seringkali terasa malas. Apalagi cuaca dingin, sedikit gerimis, dan hari libur. Ingin terus berada di bawah selimut. Sampai kemudian tertidur lagi.

Bagi muslim/muslimah taat, sudah ada alarm ibadah yaitu sholat subuh. Tapi juga sama kondisinya, bagi yang malas setelah sholat lari lagi ke bawah selimut dan ngorol lagi. Waduh, terlewat deh indahnya pagi hari.

Memangnya perlu bangun pagi hari? Begini manfaat bangun pagi menurut ahlinya:
1. Jauh dari depresi. Ih, ngeri banget denger kata depresi. Penyakit kejiwaan itu munculnya tidak disadari. Nah, bangun pagi menghindari itu. Sebuah penelitian yang kemudian diumumkan jurnal Emotion pada tahun 2012, menyatakan bahwa bangun pagi membuat orang lebih berbahagia dan berpikiran positif. Makanya orang yang biasa bangun pagi seringkali berwajah segar.
2. Pola makan sehat. Sarapan di pagi hari adalah sesuatu yang penting untuk bekal kesehatan seharian. Orang yang rutin sarapan pagi sudah merasa kenyang dan terhindar dari keinginan mengkonsumsi makanan tinggi gula dan kalori. Menurut penelitian yang dilakukan Northwestern University pada 2011, orang-orang yang tidur lebih larut dan bangun lebih siang mengonsumsi lebih dari 248 kalori per hari atau dua kali lebih banyak makanan cepat saji. Mereka juga lebih sedikit mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.
3. Waktu untuk berolahraga. Tidak salah melakukan olahraga siang atau sore hari. Tapi para ahli di The American Council on Exercise, menyarankan olahraga di pagi hari. Olahraga ringan, seperti peregangan atau berjalan kaki, dapat mendorong tingkat energi serta mencegah tubuh merasa cepat lelah.
4. Kualitas tidur yang baik. Orang yang punya kebiasaan bangun pagi hari biasanya punya jam tidur yang teratur. The National Sleep Foundation merekomendasikan orang dewasa untuk tidur 7-9 jam setiap malam untuk kesehatan mental. Nah, orang yang biasa bangun pagi hari, tidurnya pun lebih awal dan teratur.
Secara pengalaman, bangun pagi juga sangat baik untuk belajar atau bekerja yang memerlukan daya pikir. Ya, karena otak masih fresh dan badan bugar. Yuk, kita mulai bangun pagi. Nikmati udara segar, matahari hangat. Dan sapa deh burung-burung yang bernyanyi, ikan-ikan di kolam memperlihatkan dirinya, ayam-ayam berkokok....
Sumber: sahabatnestle.co.id/content/kesehatan/kesehatan-ibu-hamil/manfaat-bangun-pagi-buat-kesehatan.html
foto: detik.com


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yuk Bangun Pagi, Inilah 4 Manfaatnya Menurut Ahli Kesehatan"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....