LIBERTY, PATUNG KEBEBASAN DAN PERSAHABATAN

bumikukeluargaku

Bila kita menyebut negara Amerika Serikat, apa yang terlintas di kepala? Ya, Paman Sam. Negara itu dikenal dengan sebutan Negara Paman Sam. Apa lagi? Ya, patung Liberty. Lebih dari seratus tahun patung Liberty sudah menyambut para pendatang ke negara produser film besar itu. Patung Liberty pun menjadi lambang negara.



Tapi tahukan Kawan, patung Liberty ternyata bukan dibuat oleh orang Amerika Serikat. Patung setinggi 92 meter itu adalah hadiah bangsa Prancis. Prancis adalah pendukung utama Amerika Serikat saat Perang Kemerdekaan melawan bangsa Inggris. Amerika Seringkat berperang memperjuangkan kemerdekaannya sekitar tahun 1770-an. Untuk merayakan dukungannya itu, dibuatlah patung Liberty . Patung Liberty pun menjadi lambang kebebasan dan persahabatan.
bumikukeluargaku

Ya, betul patung Liberty dibuat di negara Prancis. Pematung Frederic Bartholdi membuatnya dalam beberapa tahap. Pertama dibuat patung kecil dari tanah lempung. Setelah merasa puas, dibuat juga dari bahan gips. Model ketiga dibuat yang lebih besar, seperempat ukuran patung sebenarnya. Baru kemudian diubuat ukuran sebenarnya, terdiri dari 214 bagian. Bagian terakhir yang dibuat adalah kepala.
Seterusnya patung seberat 204 ton itu dibawa dengan kapal Prancis ke Pelabuhan New York. Patung Liberty pun dipasang bagian demi bagian dengan kerangka baja dan landasan yang telah dibuat oleh orang Amerika Serikat. Tahun 1886 patung Liberty pun diresmikan. Patung itu pun semakin terkenal setelah menjadi lambang negara. Pulau tempat patung itu berdiri dinamakan Pulau Liberty. Warga negara Amerika baru seringkali diambil sumpahnya di pulau ini, di hadapan Patung Liberty.



Sumber foto : WWP, Tigaraksa

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "LIBERTY, PATUNG KEBEBASAN DAN PERSAHABATAN"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....