TAHUKAH KAWAN, SINGA JUGA MAKAN RERUMPUTAN?

pengetahuan alam







Dalam bayangan kita, karnivora semacam singa hanya makan daging. Saya sempat berpikir, kok mereka sehat-sehat saja? Bukankah bila kita makan daging terus, tanpa makanan yang mengandung serat tinggi, perut bisa sembelit, badan tentunya akan menjadi panas, dsb. Jawaban sementara saya dari ketidaktahuan itu, karnivora semacam singa memang segalanya (tubuhnya) sudah dibuat menjadi “ramah” dan “baik” dengan mengkonsumsi hanya daging.
Ternyata tidak. Singa juga sesekali makan rerumputan.


BACA: APA BEDANYA KATAK DAN KODOK?

“Masa iya, saya belum pernah melihatnya di video mana pun, atau di film apapun, ada singa makan rumput seperti kambing,” kata teman saya yang hobi nonton film pengetahuan.
“Masalahnya memang jarang ilmuwan yang menerangkan secara khusus singa makan rerumputan itu,” kata saya.
Seperti yang dilansir dari buku Binatang Sahabat Kita (tigaraksa), singa juga makan rerumputan. Mungkin ini juga membuktikan bahwa pencernaan singa membutuhkan serat tinggi. Tapi memang jarang terlihat singa makan rumput seperti kambing atau sapi merumput. Singa makan rumput yang “setengah cerna” di lambung hewan herbivora yang diburunya. Misalnya saat singa betina berburu kuda dan mendapatkannya, anak-anak singa dan singa jantan pun ikut memakannya. Nah, saat itulah mereka makan “sari rumput” di lambung kuda.
Teman saya mengangguk senang.
sumber foto: allaboutliosn.wordpress.com

Ingin lihat video langka Kucing dan Singa Makan Rerumputan? Tonton videonya di sini....



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TAHUKAH KAWAN, SINGA JUGA MAKAN RERUMPUTAN?"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....