7 SAYURAN INI SANGGUP MENURUNKAN KADAR GULA

sayuran obat diabetes

Saat ini semakin banyak orang yang menderita diabetes. Anak-anak, remaja, dan terutama orang tua; banyak yang dinyatakan menderita diabetes. Diabetes timbul saat tubuh tidak sanggup menghasilkan insulin (hormon yang mengatur gula darah) atau insulinnya tidak memadai atau tidak bekerja dengan baik. 

Diabetes ini dibagi menjadi dua tipe. Pertama dimana tubuh sama sekali tidak dapat menghasilkan insulin, penderitanya harus menggunakan suntik insulin untuk mengatur gula darahnya. Penderita tipe pertama ini biasanya adalah anak-anak dan remaja. Tipe kedua adalah saat insulin yang dihasilkan tubuh tidak memadai untuk mengatur gula darahnya. Penderitanya biasanya berusia di atas 40 tahun, obesitas, dan mempunyai riwayat diabetes dalam keluarga.
Diabetes tipe kedua kebanyakan muncul karena pola makan yang buruk. Karena itu, perbaikan pola makan merupakan salah satu terapi untuk menormalkan kembali gula darah. Seperti dilansir majalah Herba (Maret 2005), sayuran berikut sanggup menurunkan atau meminimalkan kadar gula dalam darah.


1.         Pare (momordica charantia). Sayuran ini dikenal juga dengan nama paria oleh orang Bima, Makasar, Sunda, dan Minangkabau. Orang Bali menyebutnya paya dan orang Sasak menyebutnya truwuk. Ciri umum dari pare adalah rasanya yang pahit. Tapi rasa pahit ini disebabkan oleh zat cucurbitacin, momordicin, charantin, yang dikandungnya. Penelitian yang pernah dilakukan terhadap kelinci (kemudian pada manusia tahun 1989) senyawa charantin mempunyai efek hipoglikemik (menurunkan gula darah). Karena itu, pare seringkali dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.


2.         Petai cina (leicaena leucocephala de wit). Sudah lama masyarakat Indonesia mempercayai petai cina ini sebagai obat alami diabetes. Dr. Laurentia M, seorang ahli gizi, melakukan percobaan tahun 2000, yang hasilnya hewan uji-coba menurun kadar gula darahnya setelah mengkonsumsi biji petai cina. Selain yang menguntungkan, petai cina ini juga mengandung zat mimosin yang menyebabkan kerontokan rambut, gondok, dan katarak. Tapi jangan cemas, zat mimosin ini akan hilang dengan pemanasan, perendaman atau pencucian.
sayuran obat diabetes

3.         Kacang kedelai (glycine max (L) merr). Kacang kedelai sangat tinggi kandungan gizinya. Zat lisin dalam kacang kedelai mengandung lemak tak jenuh linoleat, oleat, dan arikidonat yang sanggup menghambat lemak jahat dalam tubuh. Dalam penelitian Reny P.W. tahun 2003, minuman sari kacang panjang dan sari taoge kedelai sanggup menurunkan kadar gula darah.


4.         Kacang panjang (vigna sinensis L). Kacang panjang (terutama yang muda) juga sudah lama dipercaya oleh masyarakat Indonesia sebagai makanan yang sanggup menurunkan gula darah. Makanan ini bisa dikonsumsi setelah dimasak, atau dimakan mentah menjadi lalap sambal.
5.         Kacang buncis (phaseolus vulgare linn). Sampai sekarang belum diketahui pasti zat apa yang dikandung kacang buncis yang sanggup menurunkan kadar gula darah. Tapi masyarakat pencinta makanan alami sudah lama mempercayainya. Hasil peneliti Pratiwi S. dari Jurusan Farmasi Universitas Indonesia membuktikan bahwa kacang buncis memang menurunkan kadar gula dalam tubuh.


6.         Kecipir (psophocarpus tetragonolobus). Belum banyak penelitian tentang kecipir ini. Tapi sayuran jenis kacang-kacangan ini sudah sejak lama dipercaya sebagai obat diabetes. Penelitian Lailan M dari Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor, mendapatkan kadar gula darah hewan menurun setelah dikasih  pakan kecipir.
sayuran obat diabetes

7.         Labu bligo (benincasa hispida cosn). Sayuran ini mengandung banyak zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Buah, kulit, biji labu bligo mengandung saponin urokinasesitrulin, asam unoleat, asam oleat, dan vitamin B. Secara tradisional labu bligo sering dikonsumsi untuk mencegah dan mengobati penyakit liver, hepatitis, diabetes, beri-beri, dsb.
sumber: klinikdiabetesnusantara.com (14-12-2006)
foto bibitbunga.com (pare), tribunjabar.com (petai cina), idntimes.com (kecipir)

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "7 SAYURAN INI SANGGUP MENURUNKAN KADAR GULA"

  1. Ini sangat membantu sekali artikel nya, saya harap anda terus menulis artikel yang bagus seperti ini yang membahas bahaya gula berlebih. Selain itu saya juga mau
    kasih tambahan sedikit, apabila didukung dengan gambar gambar maka akan lebih detail lagi pembahasan artikel ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Kami juga maunya seperti itu Mbak Aurell, tetap menginformasikan yang bermanfaat seperti ini. Tapi kadang, seperti sekarang, sibuk dulu nulis-nulis orderan agar dapur tetap beroperasi hehe. Semoga ke depannya semakin rutin mengisi lagi blog ini. Terima kasih atas kunjungannya....

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....