TAHUKAH KAWAN, 8 HAL INI UNIK TENTANG BAHASA


bumiku keluargaku

Bahasa sudah ada sejak manusia mendiami bumi. Mulai dai bahasa isyarat, simbol-simbol, bersuara dengan mendengus, dan akhirnya bahasa modern seperti kita berkomunikasi saat ini. Berikut adalah 8 hal yang unik dari bahasa.

  1. 2.700 Bahasa dan 7000 Dialek

bumiku keluargaku

Saat ini diperkirakan ada 2.700 bahasa dengan 7000 dialek di dunia ini. Coba tebak, bahasa apa yang paling banyak digunakan? Ternyata urutan pertama bukan Inggris. Bahasa yang paling banyak pemakainya adalah China, Spanyol, Inggris dan Hindi. Di Indonesia saja ada 365 bahasa yang dipergunakan sehari-hari.
  1. Setiap Dua Minggu Ada Bahasa yang Punah.
bumiku keluargaku

Waduh, ini gawat. Jangan biarkan bahasa punah, karena bahasa adalah inti budaya daerah setempat. Sementara menurut penelitian, saat ini 2400 bahasa diambang kepunahan. Waduh, ini lebih gawat lagi. Mari, kita pelihara bahasa kita. Bukan hanya bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, bahasa daerah sebagai bahasa ibu pun mari kita pergunakan.
  1. Pinocio Paling Banyak Diterjemahkan
bumiku keluargaku

Kitab suci adalah yang paling banyak diterjemahkan. Sekitar 2.454 bahasa sudah menerjemahkan kitab suci. Tapi buku selain kitab suci, yang paling banyak diterjemahkan rekornya dipegang oleh cerita anak Pinocio karangan Carlo Collodi dari Italia. Sementara pengarang yang bukunya paling banyak diterjemahkan adalah novelis kriminal dari Inggris yaitu Agath Christie.
  1. Bahasa dengan Jumlah Alfabet Terbanyak adalah Bahasa Khmer
bumiku keluargaku

Bahasa latin yang kita pergunakan sehari-hari itu mempunyai 26 alfabet, dari A sampai Z. Bandingkan dengan bahasa Khmer yang mempunyai 70 alfabet. Tujuh puluh alfabet itu terdiri dari 33 konsonan, 23 vokal dan 12 vokal independen. Nah lho, yang seperti apa vokal independen? Jumlah alfabet paling sedikit adalah bahasa Rotokan dari Papua Nugini. Sementara jumlah kata paling banyak adalah bahasa Inggris. Ada 250 ribu kata dalam bahasa Inggris. Tentunya itu masih terus berkembang. Nah, siapa yang merasa jago ngomong Inggris, berapa kata yang dimengerti?
  1. Bahasa Tertua adalah Sansekerta
bumiku keluargaku

Bahasa Sansekerta dari India dianggap paling tua. Itu berdasar dari kitab suci Weda kuno yang berasal dari tahun 2000 sebelum masehi. Artinya, bahasa lisan tidak ada jejaknya. Selanjutnya bahasa yang dianggap tua adalah Sumeria, Ibrani, Basque.
  1. Bicara Banyak Bahasa Memperlambat Proses Penuaan
bumiku keluargaku

Para ilmuwan percaya, berbicara dengan banyak bahasa meningkatkan kerja otak. Entah ada hubungan dengan  penelitian lain, ternyata seorang polyglot (bicara banyak bahasa) termasuk yang lambat proses penuaannya.


  1. Bahasa Saling Mempengaruhi
Kalau ini tentunya percaya ya. Bahasa Indonesia itu terdiri dari banyak bahasa daerah, begitu juga sebaliknya. Dari hasil penelitian, dalam bahasa Inggris ternyata ada masukan kata sampai 29% dari bahasa Perancis, 29% dari bahasa Latin (Romawi), 26% dari bahasa Jerman, dsb. Makanya banyak kata yang hampir sama ya dalam bahasa daerah kita.
  1. Bermunculan Bahasa Baru
Tanpa kita sadari, bahasa baru bermunculan di sekitar kita. Internet menciptakan istilah-istilah tersendiri. Juga begitu yang terjadi “dunia” lain. Saya baru tahu, untuk “dunia” pandai yang membuat alat-alat dari besi, pertanian berbeda-beda, punya istilah-istilah yang mandiri. Misalnya tandur, garu, ngoyos (istilah petani padi). Istilah petani ubi, bako, sayuran, lain-lain lagi. Begitu hebatnya dunia.
  sumber: idntimes.com


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TAHUKAH KAWAN, 8 HAL INI UNIK TENTANG BAHASA"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....