INGIN TUBUH SEIMBANG DAN SEHAT SAAT DIET? CERMATI 10 POIN INI

bumiku keluargaku

Dalam pergaulan sehari-hari, kata “diet” sudah tidak asing lagi. Diet menjadi gaya hidup familiar. Siapapun bisa melakukannya saat merasa tubuhnya terlalu berlemak. Tapi seringkali banyak salah kaprah. Diet sering berkesan bersusah-susah dengan lapar. Malah kemudian banyak yang gagal karena tidak bisa menahan lapar ini. Padahal seperti dilansir lagizi.com (6-3-2017), arti diet yang sebenarnya adalah pengaturan pola makan. Apakah itu jenisnya, porsinya, atau kandungan gizinya. Tujuannya bukan hanya langsing, tapi yang utama sehat dan seimbang.

Berikut adalah poin-poin yang mesti diperhatikan saat diet:
1.         Menghitung kalori. Kesibukan menghitung kalori saat diet seringkali membuat diet itu terasa berat. Semua orang sudah punya alarm mengenai asupan makanan ke dalam tubuh. Berhenti sebelum kenyang, itu juga sudah alarm. Jenis makanan lebih utama diperhatikan. Jangan berlebihan karbohidrat atau protein misalnya.
2.     Menolak semua makanan berlemak. Tubuh ini memerlukan lemak, misalnya untuk memelihara persendian. Tapi sebaiknya pilih lemak tak jenuh. Misalnya yang berasal dari telur, minyak zaitun, kacang-kacangan dan alpukat.
3.      Makan malam membuat berat badan naik. Sebenarnya belum ada hasil penelitian yang menyatakan waktu makan mempengaruhi berat badan. Tapi makan malam yang berlebihan, karena terusnya istirahat, itu yang menyebabkan naiknya berat badan. Bila diatur antara sarapan, makan siang, malam tidak terlalu lapar berlebihan.
kompas.com
4.    Menghindari karbohidrat. Pikiran diet harus menghindari karbohidrat juga mesti dipertimbangkan lagi. Karbohidrat diperlukan tubuh, terutama kerja otak. Karbohidrat secukupnya ditambah makanan tinggi serat dan mineral. Misalnya nasi merah dengan tempe tahu lebih bagus gampang dicerna tubuh dibanding nasi putih dan daging-dagingan.
5.         Tidak sarapan. Melewatkan sarapan malah sering menjadikan diet gagal. Pertama tubuh jadi kurang bergairah karena kekurangan energi. Apalagi sarapan itu dilakukan setelah sekian jam istirahat. Dan yang terjadi kemudian, makan siang balas dendam. Saya biasa sarapan buah-buahan, hanya buah-buahan, karena tubuh lebih banyak membutuhkan mineral dan vitamin, bukan protein dan karbohidrat.

BACA JUGA: 7 SAYURAN INI SANGGUP MENURUNKAN KADAR GULA

6.         Mengandalkan pil diet. Tanpa mengatur pola makan, pil diet pun akhirnya jadi menyiksa. Dan ujung-ujungnya kembali ke hidup normal, ya pola makan buruk.
7.         Kurang tidur. Seringkali diet hanya memperhatikan makanan, tapi tidak pola tidur. Padahal kurang tidur bisa menaikkan gula darah dan resistensi insulin. Artinya, tubuh akan cepat lapar dan resistensi insulin menyebabkan tubuh menyimpan lemak.
8.         Seperti dilansir hellosehat.com (1-5-2016), diet tanpa olahraga, juga tidak bijak. Olahraga sangat diperlukan untuk membakar lemak, menyehatkan jantung, dan menjadikakan otot-otot lebih sehat.

BACA JUGA: JANGAN LUPAKAN KHASIAT BUAH NAGA

9.         Balas dendam setelah olahraga. Olahraga ya, tapi setelahnya makan banyak, itu juga sering terjadi. Hasil olahraganya, ya jadi kabur lagi.
10.       Kegiatan monoton. Menonton tv, tidur, baca, begitu terus. Karena bila banyak kegiatan takut lapar. Itu juga tidak bijak. Selain sering tergoda cemilan, kegiatan monoton seperti itu menjadikan diet terasa berat. Semoga bermanfaat.
foto: fimela.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "INGIN TUBUH SEIMBANG DAN SEHAT SAAT DIET? CERMATI 10 POIN INI"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....