AIR TAJIN KAYA MANFAAT UNTUK TUBUH

bumikukeluargaku

Zaman dahulu air tajin berkesan kurang baik. Ya, karena air tajin identik dengan warga miskin yang tidak mampu membeli susu. Air tajin awalnya diperuntukkan bagi bayi sebagai pengganti susu. Padahal berbagai penelitian kemudian membuktikan bahwa air tajin ternyata baik juga dikonsumsi orang dewasa. Apa saja manfaatnya?

Tapi sebelum membahasnya, ada baiknya diterangkan dulu, apa itu air tajin. Karena bagi generasi muda, air tajin pastinya terasa asing. Zaman dahulu, umumnya orang memasak nasi dengan cara dua tahaf. Pertama beras direbus dengan air sedikit sampai airnya habis dan berasnya setengah matang. Selanjutnya beras setengah matang itu dikukus sampai matang. Nah, saat merebus beras pada tahap pertama itu, air mendidih akan kental. Air kental inilah yang dinamakan tajin.

BACA JUGA: JANGAN MENCUCI TELUR SEBELUM DIMASAK, KENAPA?

Orang sekarang lebih banyak menanak nasi dengan menggunakan magicom. Jadi, untuk mendapatkan air tajin mending membuat sendiri dengan cara seperti ini: Bersihkan segenggam beras, jerang air di wadah kecil sampai mendidih, masukkan beras, dan aduk sampai airnya mengental, dan berasnya bisa disaring.
Manfaat air tajin, sangat bagus dikonsumsi oleh orang dewasa. Air tajin mengandung nutrisi, vitamin, karbohidrat, mineral, dan magnesium, yang banyak digunakan untuk penyembuhan. Berikut adalah manfaat dari air tajin yang jarang diketahui.  
1.      Menjaga keseimbangan kolesterol. Air tajin kaya akan vitamin dan karbohidrat. Tapi di dalam ait tajin minim sekali kandungan laktosa. Artinya, mengkonsumsi air tajin bisa menyeimbangkan kolesterol.
2.      Nutrisi di dalam air tajin juga tidak menjadikan gemuk. Karena itu air tajin sangat ramah bagi yang sedang menjaga kesuburan tubuh. Bagi yang sedang diet pun baik sebagai pengganti makanan berat.

BACA JUGA: YUK BANGUN PAGI, INILAH 4 MANFAATNYA MENURUT AHLI KESEHATAN

3.      Mineral di dalam air tajin juga berperan dalam kekebalan tubuh. Orang yang rutin makan air tajin cenderung lebih sehat. Minimal air tajin melindungi tubuh dari alergi dan virus.
4.      Air tajin kaya akan kandungan magnesium dan vitamin E yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Artinya, mengkonsumsi air tajin secara rutin bisa meminimalkan terkena serangan jantung dan stroke.

BACA JUGA: BILA BERKETOMBE PARAH LAKUKANLAH 4 TIPS INI

5.      Air tajin juga cenderung “mendinginkan” dan menenangkan kulit. Artinya, kulit yang kepanasan karena luka bakar atau terlalu lama tersengat matahari, bisa disembuhkan dengan cara mengoleskan air tajin.
6.      Bibir menghitam yang kusam, juga bisa dipercerah dengan mengoleskan air tajin secara rutin. Air tajin mengandung banyak vitaman yang sanggup mencerahkan bibir kusam tadi. Lebih baik lagi air tajin itu berasal dari beras merah.

BACA JUGA: BENDA SEHARI-HARI INI SEBABKAN KANKER KULIT, TERMASUK HP

7.      Di Jepang, sudah sejak lama menggunakan air tajin untuk kesehatan rambut. Air tajin bisa mempertebal rambut (merangsang pertumbuhan), memperkuat akar rambut, menyehatkan kulit kepala. Caranya yaitu dengan mengoleskan air tajin ke kulit kepala, mengurut-urutnya biar merata, dan membilaskan sepuluh menit kemudian.

Begitulah di antaranya manfaat air tajin. Jadi, sebelum mengkonsumsi obat-obatan yang bisa jadi bahannya bercampur dengan bahan kimia, untuk keluhan di atas lebih baik menggunakan air tajin yang gampang sekali membuatnya.
sumber: dokter.id (22-3-2017), kompas.com (18-8-2017)
foto fimela.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "AIR TAJIN KAYA MANFAAT UNTUK TUBUH"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....