11 KHASIAT BAWANG MERAH INI JARANG DIKETAHUI, BILA MASUK ANGIN ULASKAN RAMUANNYA


bumi keluargaku

Bawang merah termasuk mudah didapat dan kaya manfaat. Tapi masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Padahal bila keluhan-keluhan yang bisa diatasi oleh bawang merah, lebih baik mencobanya terlebih dahulu. Ya, karena mudah didapatnya itu. Seperti dilansir buku Taman Obat Keluarga karangan Setiadi R. dan B. Sarwono (Flona Serial-Kelompok Gramedia, Desember 2007), umbi lapis bawang merah mengandung minyak asiri, sikloaliin, metilaliin, dihidroaliin, kaemferol, kuersetin dan florogusin. Zat-zat itu berkhasiat menangkal pilek, demam, cacar, maag, sembelit, menurunkan kadar gula dan kolesterol, dsb.


Karena banyaknya khasiat bawang merah ini, ada baiknya langsung kita cermati. Seperti dilansir manfaat.co.id (6-8-2016), beberapa khasiat bawang merah adalah:
1.         Mengatasi sembelit. Bawang merah membantu proses pembuangan racun. Bisa dicoba dengan memakan bawang merah mentah. Satu biji umbi dipotong-potong lebih kecil, lalu diminum seperti obat.
2.         Menyehatkan jantung. Bawang merah mengandung sufida methylallyl dan asam amino sulfur yang bisa menurunkan kolesterol jahat. Kolesterol normal sangat mendukung kepada kesehatan jantung.
3.         Mencegah diabetes. Mengkonsumsi bawang merah mentah secara rutin bisa meningkatkan produksi insulin di dalam tubuh. Diabetes tipe 2 disebabkan oleh produksi insulin yang tidak memadai untuk mengurai kadar gula darah. Jadi, bagi yang sudah ada alarm bergejala diabetes tipe 2, sebaiknya mencoba mengkonsumsi bawang merah secara teratur.
4.         Menghentikan mimisan. Anak-anak seringkali tiba-tiba mimisan (keluar darah dari hidung). Bawang merah bisa dicoba untuk menghentikan mimisan ini dengan sekejap. Caranya mudah: potong bawang merah, lalu isap bau bawang itu oleh hidung yang sedang mimisan. Insyaallah mimisannya berhenti dengan sekejap.
5.         Mengatasi radang tenggorokan. Bila imunitas tubuh sedang rendah, siapapun bisa tiba-tiba terkena radang tenggorokan. Penyebabnya bisa karena cuaca, makan es, makan makanan berminyak, dsb. Mengonsumsi bawang merah mentah secara rutin bisa mengatasi itu.
6.         Menurunkan berat badan. Zat kromium yang ada dalam bawang merah dapat mengikis kandungan lemak di dalam tubuh. Bagi yang punya masalah dengan berat badan, dianjurkan mengkonsumsi 3-4 siung bawang merah mentah setiap hari.
7.         Mengobati masuk angin. Masuk angin, terutama yang dialami anak-anak, seringkali membuat badan tidak enak. Bawang merah bisa membantu mengatasinya. Caranya mudah: potong bawang merah mentah, lalu dengan ditambah minyak kayu putih atau minyak goreng juga tidak apa, gosokkan bawang merah itu ke seluruh tubuh. Zat di dalam bawang merah bisa menghangatkan tubuh dan menghilangkan masuk angin.
8.         Mengatasi gangguan urin. Kadang saat sedang kencing terasa sakit atau urin tidak lancar. Makan bawang merah mentah, bisa juga direbus dan air rebusannya diminum, insyaallah bisa mengatasi ganguan urin ini.
9.         Mencegah kanker. Senyawa belerang aktif yang ada dalam bawang merah bisa menghambat perkembangan sel kanker. Beberapa ahli menyebutkan bahwa mengkonsumsi bawang merah mentah secara rutin menjadi alternatif mencegah kanker.
10.       Seperti dilansir liputan6.com (22-9-2017), menyimpan irisan bawang merah di bawah kaki juga bisa mengobati infeksi, mengeluarkan racun, menghidrasi tubuh, menguatkan daya tahan tubuh,
11.       Seperti dilansir popsugar.com (21-8-2017), bawang merah juga bisa dibuat masker untuk mengangkat sel kulit mati, membersihkan pori-pori dan menghilangkan noda hitam. Manfaat yang masih jarang diketahui ini perlu penelusuran yang lebih mendalam.
Semoga bermanfaat.
foto: kumparan.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11 KHASIAT BAWANG MERAH INI JARANG DIKETAHUI, BILA MASUK ANGIN ULASKAN RAMUANNYA "

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....