Rahasia Cangkok Aglonema Agar Cepat Berakar

dokumen pribadi



 Mencangkok aglonema adalah cara perbanyakan yang relatif aman. Cocok bagi pemula yang lagi belajar. Tapi "rahasia" ini tidak hanya bagi pemula, yang sudah lama hobi tanaman pun bisa mencobanya. Bukan masalah mencangkoknya, tapi bagaimana mencangkok yang merangsang akar cepat tumbuh.

Nah, apa rahasianya?

Tenang, Sobat. Sediakan saja peralatannya. Ini saya sebut satu per satu:

1. Gunting

2. Gelas plastik, bekas air mineral bagus juga, yang sudah digunting bagian bawah dan sampingnya.

3. Koas, minjem punya anak untuk menggambar gak apa, saya juga begitu hehe.

4. Zat perangsang akar, saya pake merk Root Up, bisa juga merk lain, malah ada yang alami pakai bawang merah. 

5. Piring kecil, wadah kecil, maaf tidak ada di foto.

6. Kopi atau jus, atau bisa minuman apa saja.


Cara pengerjaannya bagaimana?

Ok, ini tahapannya:

1. Bersihkan batang aglonema yang akan dicangkok, sampai ke batang di atas daun paling bawah juga bagus. 

2. Zat perangsang akar keluarkan ke piring pisin, tetesi air, aduk sampai kental sekali. Lalu oleskan ke batang aglonema yang sudah bersih. Pake koas ya, soalnya sudah didaftar di peralatan hehe. Lalu angin-anginkan sekitar 10-15 menit sampai kering. 

3. Nah, saat menunggu kering, minum tuh kopi atau jus. Jajan bakso juga boleh hehe. Wuih, jangan bilang tidak serius. Ini yang disebut sersan, serius tapi santai. Ok, lanjut ya....

4. Kalau udah kering, masukkan tuh gelas plastik biar melingkar di batang. Lalu dilakban (sori, lakban belum masuk ke peralatan dan gak masuk foto juga ya. Sori, lakban, saya melupakanmu).

5. Masukkan media tanam. Waduh, media tanam pun belum tertulis di daftar ya. Gak apa-apa, media tanam baik hati, jadi gak protes. Media tanam boleh apa saja. Tapi saya pakai sekam mentah yang sudah dipermentasi, atau sudah lapuk ya, tambah cocopeat. Sekam mentahnya lebih banyak, sekitar perbandingan 4:1. Kenapa sekam mentah jauh lebih banyak? Cenderung empuk, semoga gampang ditembus akar, dan tidak menyimpan banyak air.

6. Selanjutnya ngopi atau ngejus lagi, atau beli seblak asyik juga. (Saya sambil mikir, apa lagi ya hehe....)

Oh, iya, rahasianya mana?

Lha, itu semua juga rahasia. Tapi tenang, Sobat. Ada satu Rahasia yang Paling Rahasia. Sebarkan Rahasia ini ke para penghobi tanaman hias ya, biar tidak jadi rahasia lagi.

7. Gunting satu daun, jangan dengan batangnya. Dan jangan daun yang paling bawah. Bisa daun yang kedua di bawah. Biarkan batangnya tanpa daun.

Wah, hoax ini! Ini cara merusak aglonema!

Ya, itu rahasianya. Saya juga melakukan itu. Memang sayang memotong satu daun. Coba kalau yang dipotongnya aglonema golden hope, berapa satu daun? Tapi dengan dipotong satu daun, biasanya akan cepat tumbuh akar di pangkal batang daun itu. Nah, bila akarnya sudah memadai, kita bisa potong di bawah itu. Daun paling bawah bisa ditinggal.

Itu rahasianya. Mau mencoba silakan. Tidak juga tidak apa. Tapi saya menyarankan, cobalah ke aglonema yang banyak dulu. Big roy, big papa, bisa tuh dipakai percobaan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rahasia Cangkok Aglonema Agar Cepat Berakar"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....