TAHUKAH KAWAN, MENGAPA ALIGATOR MENGUBUR TELURNYA?


Aligator adalah sejenis buaya yang hidup di rawa-rawa atau sungai Amerika Serikat. Setelah masa kawin aligator betina akan mencari tempat untuk menetaskan telur-telurnya. Tidak seperti ayam yang mengerami, aligator lebih memilih mengubur telur-telurnya di dalam lubang. Karena seperti itulah yang dilakukan kebanyakan jenis buaya.

telor-telor aligator (sumber foto: devoasu.blogspot.com)

Lubang itu lumayan besar, sekitar dua meter panjangnya. Aligator lalu mengalasinya dengan dedaunan kering atau ranting tumbuhan. Dia pun mengeluarkan telur-telurnya. Setelah semua telur keluar, aligator lalu menutupnya dengan dedaunan kering dan tanah. Selama sekitar tiga bulan aligator akan menjaga lubang itu dari serangan musuh.
Pertanyaannya, mengapa aligator mengubur telur-telurnya? Betul, supaya mendapat udara hangat dan telur-telurnya menetas. Makanya yang dipakai menutup telur-telur itu adalah dedaunan yang sudah gugur. Karena dedaunan yang dikubur mengeluarkan panas yang lebih dibanding tanah biasa. Tapi bisa ada jawaban lain, yaitu agar telur-telurnya tidak dicuri hewan pemangsa. Rubah, ular, anjing, juga sebangsa burung, bisa mencuri telur-telur aligator.

Meski sudah mengubur telur-telurnya, aligator tetap waspada. Dia akan menjaga tempat telur-telurnya dikubur. Ya, karena tempat bertelur itu sangat kelihatan tanda-tandanya. Gundukan tanah yang tingginya bisa mencapai satu meter, tanahnya bercampur daun-daun kering dan ranting-ranting kecil.
Setelah sekitar tiga bulan, anak-anak aligator akan menetas. Suara-suara menguik dari dalam kuburan akan mengundang aligator segera membongkarnya. Anak-anak aligator yang kecil lemah segera dibawanya ke air sungai atawa rawa. Bagaimana cara membawanya? Tepat, aligator akan membawa seluruh anaknya ke dalam moncongnya yang panjang dan lebar.

BACA: MENGAPA IKAN PIRANHA MENYERANG MANUSIA?

Adakah kegunaan lain dari telur-telur yang dikubur ini? Kehangatan tempat penguburan telur itu menentukan jenis kelamin alligator yang akan menetas. Bila hawa di dalam kuburan tidak lebih dari 29 derajat C maka anak-anak alligator yang menetas itu betina. Tapi bila panasnya 34 derajat C atau lebih maka anak-anak yang akan menetas itu jantan.
Bagaimana bila induk aligator menginginkan anak betina atau jantan? Lubung penguburn telur yang dekat dengan sungai biasanya bersuhu lebih rendah. Dan bila lubang itu dibuat lebih jauh dari sungai atau rawa maka suhunya lebih panas. ***




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TAHUKAH KAWAN, MENGAPA ALIGATOR MENGUBUR TELURNYA?"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....