Mencangkok Aglonema Sederhana dan Cepat

dokumen pribadi

Aglonema sekarang ini sedang menjadi primadona dalam tanaman hias. Banyak penghobi yang mencarinya sampai ke pelosok-pelosok. Harganya pun melambung tinggi. Aglonema Pride of Sumatera atau yang sering disebut juga Red Sumatera, bulan Maret-April anakannya (2-3 daun) masih ditawarkan 30K-40K, tapi bulan Juli 20202 sudah ditawarkan di atas 100K. 

Saya kebetulan juga punya anakan Red Sumatera 10 pohon, waktu ditawarkan lewat Shoope dan grup Facebook dengan harga 85K, langsung habis. Karena permintaan begitu tinggi, ada baiknya kita belajar perbanyakannya yang agak "maksa". Maksudnya tidak hanya menunggu sampai aglonema itu mengeluarkan anakannya sendiri.

Teknik cangkok ini sebenarnya sudah banyak yang melakukannya. Ini lebih aman dibanding langsung potong pohonnya. Disebut "aman" karena dengan mencangkok berarti menunggu dulu tumbuh akar sebelum kita memotongnya.

Nah, apa untungnya kita memotong (stek) batang aglonema yang sedang cantik dan sehat? Tentu saja, keuntungan utama adalah bertambahnya pohon aglonema kita dengan cara cepat. Minimal kita menjadi punya dua pohon. Satu pohon yang dipotong, satu pohon lagi yang dipotong di pot. Nah, keuntungan lainnya, potongan ini juga suka mengeluarkan kejutan, berupa anakannya yang bermunculan serempak.

Kembali ke cara mencangkok, siapkan saja: gelas pelastik bekas air mineral. Gunting bawahnya dan gunting juga sampai belah. Pilih aglonema yang batangnya sudah agak panjang. Lalu kita masukan ke batang aglonema, dan lakban plastiknya. Tinggal isi media tanam, padat-padatkan sedikit. Disiram saja sedikit. Tinggulah sampai sebulan lebih untuk membukanya. Bila akarnya sudah keluar, baru kita potong di bawah akar.

Mudah dan sederhana. Selamat mencoba. @@@

Lagi ada CASHBACK 40%



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mencangkok Aglonema Sederhana dan Cepat"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....