PELARI TERCEPAT DI DUNIA


“Siapa pelari tercepat di dunia ini?”
“Juara olimpiade.”
“Bukan, ada lagi yang larinya jauh lebih cepat.”
“Siapa?”
“Cheetah, si pemburu di padang rumput itu.”
bumikukeluargaku
Lihatlah perbandingannya kecepatan lari cheetah dengan binatang lainnya dan manusia.


Ya, cheetah memang makhluk tercepat di dunia ini. Bila berlari sejauh 100 meter, cheetah jauh meninggalkan binatang lainnya seperti kuda, singa, kelinci, kangguru, apalagi manusia (meski juara olimpiade). Cheetah berlari 113 km per jam. Sementara manusia (juara olimpiade) hanya mampu berlari 40 km per jam.
Sementara yang paling lambat ternyata bukan kura-kura. Kura-kura berlari sejauh 3 km per jam. Yang paling lambat adalah kukang. Kukang berlari 0.5 km per jam. Mengapa kukang begitu lambat? Kukang tidak bisa berdiri. Badannya diseret bila berjalan. Dan mengapa cheetah berlari begitu cepat? Karena postur tubuh cheetah memang dirancang untuk berlari cepat. Tulang belakang cheetah lentur, kaki belakangnya dilengkapi dengan kuku seperti tonjolan pada sepatu lari.

Saat berlari, cheetah melenturkan badannnya seperti pegas. Lalu dengan menekan kaki belakangnya yang kokoh dan berkuku kuat cheetah meloncat, badannya merenggang, badan rampingnya pun melayang. Begitu menjejakkan kakinya, badannya meringkuk lagi seperti pegas, lalu meloncat lagi. Sekali meloncat cheetah bisa melayang sejauh 7 meter.
Tentu saja jago berlari jarak dekat tidak berarti endurance cheetah juga bagus. Untuk jarak yang jauh, dibanding kuda pun cheetah bukan apa-apanya. Ya, setiap makhluk memang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing....


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "PELARI TERCEPAT DI DUNIA"

  1. Replies
    1. Iya dong, kan latihan setiap hari hehe... Makasih ya udah sering main ke sini.

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....