Pengetahuan kita tentang hewan rupanya masih minim. Setiap waktu selalu ditemukan hewan baru di berbagai pelosok dunia. Tapi mengenal hewan-hewan yang sudah lama diketahui pun seringkali kita alpa. Seperti dilansir walkthroughindia.com (24-3-2017), hewan-hewan unik berikut termasuk yang jarang diketahui.

animals.com
1.      Okapi. Melihat penampilan Okapi ini tentunya ada yang tersenyum, berkerut kening, atau bingung. Kepalanya mengingatkan kita akan jerapah. Tapi kakinya seperti zebra. Pikiran kotor kita lalu bertanya, tidakkah Okapi ini hasil perkawinan lain jenis antara jerapah dan zebra? Okapi ini merupakan hewan endemik di hutan Kongo.


bumiku keluargakufeaturedcreature.com
2.      Maned Wolf. Maned Wolf ini hidup di padang rumput terbuka, semak-semak dan pepohonan di Amerika Selatan. Namanya saja “wolf”, tapi dia bukan serigala. Bukan juga rubah. Berjalannya seperti yang ringkih, selalu mau jatuh. Tapi dia adalah pemangsa teratas di wilayahnya.
elelur.com
3.      Aye-aye. Bila filmaker hantu Indonesia melihat aye-aye, pastinya wajah hewan ini akan diadaftasi menjadi hantu pohon. Ya, karena wajahnya memang menakutkan. Ditemukan di Madagaskar, Aye-aye adalah hewan nokturnal (....) terbesar di dunia. Sayangnya, Aye-aye ini terancam punah.
bumiku keluargakufactzoo.com
4.      Thorny Dragon. Kadal yang seluruh tubuhnya dipenuhi duri ini tampak menakutkan. Padahal tubuhnya keci, seperti kadal sawah di kita. Duri-duri berbentuk kerucut itu hanya untuk menakuti musuh yang mau memangsanya. Apakah kita takut bila bertemu kadal yang hidupnya di padang pasir Australia Tengah itu?
bumiku keluargaku
care2.com
5.      Gerenuk. Seperti dilansir awf.org (12-3-2013), Gerenuk yang juga dikenal dengan nama Gazelle ini hidup di semak-semak belukar datar. Dia menghindari hutan lebat dan habitat yang sangat terbuka. Merupakan hewan Afrika yang termasuk semakin langka.
bumiku keluargaku
vebma.com
6.      Babi Proboscis. Seperti dilansir masyamsu.com (19-6-2017), Babi Proboscis yang hidup di hutan Kalimantan, Indonesia, ini terkenal dengan hidungnya yang panjang dan besar, serta perutnya yang membengkak. Hayo, siapa yang baru tahu keberadaan Babi Proboscis ini?
theanimalfiles.com
7.      Babirusa. Seperti dilansir alamendah.org (13-5-2010), babirusa adalah hewan endemik Sulawesi dan pulau-pulau di sekitarnya seperti pulau Togian, Sula, Buru, Malenge dan Maluku. Ciri khasnya adalah taring yang memanjang, seperti gading pada gajah. Sayangnya hewan ini juga mulai langka.
bumiku keluargaku

animalspot.net
8.      Saiga Antelope. Hal unik dari antelop ini bukan tanduknya yang tegak lurus, tapi hidungnya yang besar. Coba, apa ada antelop atau rusa lainnya yang hidungnya seperti itu? Hewan ini tinggal di Kazakhstan, Rusia dan Amerika Utara.
bumiku keluargaku

elelur.com
9.      Fossa. Kucing liar ini endemik pulau Madagaskar. Posturnya mengingatkan kita kepada musang. Wajahnya lucu dan sepertinya jinak. Tapi Fossa ini adalah karnivora predator puncak pulai Madagaskar. Wah, ngeri juga.
bumiku keluargakulibgar.com
10.  Rusa berumbai. Spesies rusa kecil ini tinggal di Burma dan China. Posturnya memang kecil, tapi lihat taringnya yang keluar dari mulut, siapa tahu dia adalah vampir-nya hewan. Hiii....
Semoga menambah wawasan dan menghibur.
Gambar sampul : walkthroughindia.com