TAHUKAH KAWAN, MENGAPA KUNANG-KUNANG BERCAHAYA?

bumikukeluargaku

Saat malam gelap, kita sering terpana melihat ada yang berkelap-kelip di lapangan. Mereka banyak. Beterbangan di antara rerumputan. Kita pun tergerak untuk menangkapnya. Membawanya ke rumah, melepaskannya di kamar. Kita senang juga melihat mereka beterbangan di kamar yang lampunya digelapkan. Tapi terpikirkah kita bertanya, mengapa kunang-kunang bercahaya?

Ya, betul karena di dalam tubuh kunang-kunang (perut) ada senyawa luciferin. Ketika kunang-kunang bernapas, udara yang bercampur dengan senyawa luciferin akan bereaksi mengeluarkan cahaya. “Cahaya dingin” begitu kemudian para ahli menyebutnya.
Cahaya bagi kunang-kunang adalah alat berkomunikasi. Mereka mencari pasangan, mengabarkan adanya bahaya kepada sejenisnya, juga termasuk memancing mangsa; ya dengan cahaya. Kehidupan kunang-kunang termasuk metamorfosis berat. Menghabiskan waktu larva sampai 1-2 tahun, tapi menikmati saat jadi kunang-kunang hanya sekitar 3 minggu.

Ada lagi yang unik, setiap kunang-kunang selesai bercinta, kunang-kunang jantan menyerahkan diri untuk dimangsa betinanya. Ya, karena betinanya yang sudah hamil butuh protein yang banyak. Sanggupkah bila kita menjadi kunang-kunang?
foto: biodiversitywarriors.org


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TAHUKAH KAWAN, MENGAPA KUNANG-KUNANG BERCAHAYA?"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....