Peradaban manuia bisa dilihat dari jembatan. Manusia boleh tidak bisa menahan nafsunya untuk menguasai dunia, berperang, tapi arsitektur jembatan-jembatan unik dan kuno ini memperlihatkan sisi lain peradaban manusia. Seperti dilansir list25.com (7-12-2016), banyak jembatan yang tidak saja mengagumkan secara teknologi, tapi juga artistik.
Berikut adalah jembatan-jembatan kuno itu:
1.      Jembatan Kapel di Swiss. Jembatan yang melintasi sungai Reus ini dibangun tahun 1333. Jembatan tertua di Eropa ini atapnya tertutup kayu. Banyak yang mengagumi jembatan di kota Luzern ini karena bagian dalamnya dihiasi oleh lukisan dari abad pertengahan. Lukisan-lukisan yang menggambarkan sejarah lokal  setempat. Seperti dilansir okezone.com (16-11-2015), sayangnya karena kebakaran tahun 1993, dua pertiga jembatan hancur dan 85 dari 110 lukisan terbakar. Tapi setahun kemudian dibangun kembali.
bumiku keluargaku
okezone.co



2.      Star Most di Bosnia. Jembatan ini diperkirakan dibangun tahun 1566. Ada tradisi masyarakat setempat untuk melompat dari atas jembatan ke sungai di bawahnya. Jembatan sempat hancur tahun 1993 saat terjadi perang Bosnia. Tapi dibangun kembali dan dibuka untuk umum tahun 2004. Jembatan Star Most ini diakui sebagai situs warisan dunia.
bumiku keluargakufivestarvagabond.com
3.      Jembatan Rialto di Italia. Jembatan yang menyeberangi kanal Venesia ini mulai dibangun tahun 1181. Arsitek Antonio da Ponte tahun 1551 dipercaya untuk mendesain ulang jembatan ini. Arsitektur jembatan seperti sekarang ini awalnya banyak yang menyangsikan keberhasilannya. Tapi Antonio menjawab tantangan itu, dan sampai sekarang jembatan Rialto ini menjadi ciri kemegahan kota Venice.
bumiku keluargakuexpatexplorer.com
4.      Jembatan Khaju di Iran. Jembatan bersejarah ini dibangun oleh Raja Persia, Syah Abas II pada abad ke-17. Awalnya jembatan ini diperuntukkan sebagai rumah teh. Karenanya sampai sekarang masih ada kursi dari batu, tempat Syah Abas II melihat pemandangan indah di sekitarnya. Di bagian tengahnya dibuat ruangan untuk bersantai. Selain tempat bersantai, jembatan yang memiliki 23 lengkung ini berfungsi sebagai pengatur air sungai Zahandeh.
bumiku keluargaku
pixabay.com
5.      Jembatan Ponte Vecchio. Seperti dilansir visitflorence.com (6-3-2016), jembatan ini disebut juga jembatan tua, melintasi sungai Arno, menghubungkan Plazza Della Republica sampai Palazzo Pitti. Awalnya dibangun tahun 1218. Tapi sempat hancur oleh banjir tahun 1333. Tahun 1345 dibangun kembali. Karena bersejarahnya itu selama Perang Dunia II, Jerman pun tidak kuasa untuk menghancurkan jembatan itu. Di dalam jembatan itu dibangun banyak toko yang menjual segala jenis barang. Jadi selain bisa menyeberang, sekalian jalan-jalan sambil belanja.  
bumiku keluargakuvisitflorence.com
Semoga menambah wawasan dan menghibur.