TAHUKAH KAWAN, TIDAK SEMUA BENANG JARING LABA-LABA REKAT

kumpulan ilmu pengetahuan alam
Laba-laba sedang menunggu mangsa yang terjebak jaring-rekatnya. Siapa yang baru tahu benang di jaring itu ada yang rekat dan ada yang tidak? Ayo jujur, yang baru tahu angkat tangan hehe.... (gambar: WWP Tigaraksa)

Kita sering melihat laba-laba membuat jaring di pohon, belakang rumah, rumah kosong, atau tempat lain. Lalu datang serangga kecil dan menubruk jaring itu. Si serangga sial itu menggelepar-gelepar. Tapi tidak bisa berbuat apa-apa. Tubuhnya menempel di jaring rekat. Laba-laba, si pembuat jaring, yang menunggu di tengah jaring, memandang buas. Bila serangga itu sudah lemah, si laba-laba itu menghampiri untuk memangsanya.

Kita takjub dengan kehebatan laba-laba. Serangga kecil tubuhnya menempel di jaring rekat yang lebih hebat dari lem itu. Tapi kenapa si laba-laba malah bisa berlari-lari, seolah jaring rekat itu tidak ada apa-apanya.
Kenapa ya? Apa laba-laba punya ilmu anti-perekat? Atau pernah belajar ilmu hitam? Huss…! Yang tahu mohon unjuk tangan…
Ok, kalau belum tahu jujur saja. Begini keterangannya. Laba-laba itu kan pembuat jaring, jadi tahu dong rahasianya. Sejak pembuatan jaring itu dimulai, laba-laba sendiri sudah menghindari benang rekat sebenarnya. Dia tahu, di jaring itu ada dua benang, benang rekat dan yang tidak.
Jadi kita ikuti gambar….
kumpulan ilmu pengetahuan alam

Ini awalnya benang kerangka jaring. Benang ini tidak rekat. Bagian atas dibuat dengan meminta pertolongan angin. Mungkin saat angin kencang laba-laba meloncat. Lalu menggelantung membuat jari-jari. Ditambah lagi kerangka luarnya, jari-jarinya, jadilah kerangka jaring seperti ini.
Langkah berikutnya baru dibuat benang spiral. Benang spiral yang ditandai dengan warna merah ini tidak rekat. Kalau rekat, bagaimana laba-laba bisa berjalan, ya? Benang spiral yang rekat dibuat dari luar, benang pijakan dipotong dan dibuang. Tentu saja tidak semua benang spiral rekat. Bagian tengahnya tetap saja tidak rekat. Bagian tengah ini dipakai laba-laba untuk menunggu ada serangga kecil yang terjebak.
Lalu bagaimana kalau laba-laba ingin berjalan-jalan? Benang kerangka kan tidak rekat, jadi melalui benang itulah dia berjalan.
kumpulan ilmu pengetahuan alam
Jaring laba-laba seperti mangkuk terbalik (kiri dan kanan), berbentuk kipas (tengah)

Semua jaring laba-laba seperti itu? Ternyata tidak juga. Ada jaring laba-laba yang berbentuk seperti mangkuk terbalik. Ada juga yang seperti kipas. Tapi prinsipnya sama, ada benang yang rekat dan ada yang tidak. Nah, laba-laba tahu benang yang tidak rekat, jadi dia bisa berlari-lari. Sementara serangga tidak tahu, jadi dia terjebak di benang.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TAHUKAH KAWAN, TIDAK SEMUA BENANG JARING LABA-LABA REKAT"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....