TAHUKAH KAWAN, MENGAPA GAJAH HIDUP BERKELOMPOK?




Pasti sudah banyak yang tahu bahwa gajah hidup dalam kelompok. Sering diceritakan, orang yang sedang berada di dalam hutan akan waspada bila bertemu seekor gajah. Ya, karena bisa jadi gajah itu tidak jauh gajah-gajah lainnya. Mereka biasanya terdiri dari KELOMPOK KECIL. Tapi bisa jadi juga merupakan KELOMPOK BESAR. Nah lho, apaan tuh KELOMPOK KECIL dan KELOMPOK BESAR?

KELOMPOK KECIL biasanya terdiri dari gajah-gajah yang masih ada hubungan kekerabatan, hubungan darahnya masih dekat. Misalnya sang nenek bersama anak-anaknya, cucu-cucunya, adik-adiknya. KELOMPOK KECIL ini kadang bergabung dengan KELOMPOK KECIL lainnya, misalnya saat menemukan sumber air yang luas atau sumber makanan yang banyak, maka jadilah KELOMPOK BESAR.
Mengapa mereka berkelompok? Rupanya meski gajah termasuk makhluk terbesar yang hidup di daratan saat ini, tapi mereka penganut peribahasa “bersatu kita teguh bercerai kita runtuh”. Maka mereka berkelompok. Anak yang lahir, tidak saja diasuh oleh ibunya, tapi juga oleh tante-tantenya. 
sumber foto: bbc.com

KELOMPOK KECIL dipimpin oleh gajah betina yang paling tua. Pemimpin tahu tempat-tempat makanan dan air berada, tahu bagaimana caranya melawan musuh seperti singa, harimau atau hewan pemangsa lainnya. Bila ada musuh menghadang, gajah akan bergerombol. Anak-anak gajah berada di tengah gerombolan. Dan pemimpin gajah akan maju mengusir musuh. Bila ada gajah yang terluka, gajah lainnya yang dekat di situ akan membantunya mengusir musuh.
Lalu gajah jantannya kemana?
Anak gajah betina tetap berada dalam kelompok sampai mereka dewasa. Gajah jantan begitu dewasa memisahkan diri. Mereka hidup menyendiri atau berkumpul dengan para lajang lainnya. Gajah jantan dewasa pun memisahkan diri. Mereka berkumpul lagi dengan kelompoknya hanya pada musim kawin.
Umur gajah sebenarnya bisa mencapai 60 tahun. Pernah ada gajah yang berusia sepanjang itu di sebuah kebun binatang. Tapi gajah di alam liar rata-rata hidup hanya 15 tahun. Tapi ada juga yang mencapai usia 30 tahun, meski jarang.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TAHUKAH KAWAN, MENGAPA GAJAH HIDUP BERKELOMPOK?"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....