TAHUKAH KAWAN, APAKAH ITU AMPIBI?


hati-hati dengan katak pohon.yang cantik,karena bisa beracun.
AMPIBI adalah hewan yang hidup di dua alam. Sewaktu kecil (malah mulai dari telor) hidup di air. Tapi setelah dewasa pindah ke darat. Ajaib ya?

Apabila kita amati, memang sesuatu yang “ajaib” terjadi di sekeliling kita. Perhatikanlah katak. Hewan peloncat ini banyak kita dapatkan di mana-mana. Di sekeliling rumah pun ada. Apalagi bila musim hujan. Sewaktu masih berupa telur, katak ini tinggal di AIR.  Sewaktu kecil masih tinggal di air. Kita menamakannya KECEBONG. Si kecebong ini pelan-pelan ekornya memendek, kakinya muncul, bernapasnya pun berganti dari insang ke paru-paru. Setelah dewasa, kaki belakangnya sangat kuat, dan dia meloncat. Maka kita menamakannya KATAK. Dan hidupnya di DARAT. Wow, keren kan?
Meski hidup sudah di darat, ampibi ini butuh air. Misalnya katak: kulitnya perlu lembab. Katak termasuk hewan BERDARAH DINGIN. Selain bernapas dengan paru-paru, juga dengan kulitnya yang lembab. Makanya bila hujan turun, katak menyambutnya dengan bernyanyi hehe...
Konon, ratusan tahun lalu, ampibi pertama BEREVOLUSI, dari ikan ke hewan AMPIBI. Mereka melakukannya perlu ratusan tahun. Katak hanya perlu satu musim untuk dewasa, bisa meloncat, dan hidup di darat. Nah, kita, kapan kita bisa berubah jadi SUPERKITA?

  CATATAN:
Ampibi = hewan dengan insang dan hidup di air saat masih muda. Apabila dewasa memilki paru-paru sebagai pengganti insang dan bisa hidup di darat dan di air.
Berdarah dingin = Bila seekor binatang tidak dapat menjaga suhu tubuh yang tetap. Suhu tubuhnya tergantung pada suhu di sekitarnya.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TAHUKAH KAWAN, APAKAH ITU AMPIBI?"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....