ASAL-USUL SIKAT GIGI DAN ODOL

kumpulan ilmu pengetahuan alam

Membersihkan gigi dengan kayu seperti ini, bagaimana rasanya? 
Wow, membayangkannya saja agak ngeri. Bagaimana dengan kamu?

Ini permainan yang menyenangkan. Bayangkan, berabad-abad yang lalu, sebelum tahun 1400-an, bagaimana orang membersihkan giginya? Waktu itu tentu saja belum ada swalayan, warung-warung, dan tentu belum ada SIKAT GIGI.
Orang membersihkan gigi hanya dengan berkumur. Tentu saja tidak terlalu bersih. Orang Eropa mulai menggunakan kayu yang diruncingkan. Kayu itu dipakai untuk mencungkil makanan yang tersisa di sela gigi. Kayu yang ujungnya diruncingkan itu masih ada sampai sekarang, yaitu menjadi TISUK GIGI. 
kumpulan ilmu pengetahuan alam

Sikat yang pertama dipakai orang Cina pada tahun 1498.

Kemudian ada inovasi baru, ujung kayu itu dikunyah-kunyah. Ujung kayu yang sudah tinggal seratnya disapu-sapukan ke sela gigi. Orang Cina yang pertama mulai menggunakan sikat. Tentu sikatnya tidak seperti yang sekarang kita kenal. Mungkin juga ada yang menggunakan dedaunan. Nenek saya cerita, jaman Uyut (ibunya Nenek) kalau mandi menggunakan dedaunan. Pucuk lamtoro digosok-gosok di tangan biar halus, lalu dipakai membersihkan wajah. Pucuk padi digosok-gosokkan juga di tangan, lalu dipakai menyikat gigi.
Waktu itu juga orang sudah mulai sadar untuk menggunakan pasta gigi. Kaum bangsawan di Mesir sudah mulai menggunakan pasti untuk kecantikan giginya. Pasta yang dipakai waktu itu campuran bubuk tanduk rusa, dedaunan, madu dan bubuk tanduk dan tulang sapi.

kumpulan ilmu pengetahuan alam

Orang Eropa awalnya membuat pasta gigi dan menggosokkannya dengan tangan


kumpulan ilmu pengetahuan alam

Ini adalah bahan-bahan awal membuat pasti gigi:

Atas: Sabun dan kapur dicampur menjadi pasta
Tengah : Cangkang kerang ditumbuh menjadi bubuk
Bawah : Sari kulit tanaman dicampur air

  Abad ke 18 orang mulai sadar menggosok gigi hanya memakai kayu atau sikat, seringkali merusak gigi. Gusi dan sela gigi sering sampai berdarah. Maka dipikirkanlah menggunakan pasta. Pierre Fauchard, seorang dokter gigi dari Perancis, mengembangkan pasti gigi seperti yang dikenal sekarang. Sabun dan kapur dicampur menjadi pasta. Korang dan cangkang kerang ditumbuk menjadi bubuk. Sari kulit tanaman sabun dicampur dengan air. 
Dari itulah kemudian semakin dikembangkan pasta gigi. Sekarang kita megenal ada pasta gigi rasa strowberri, jeruk, dan lainnya. Memakai juga vitamin dan lainnya. 
Begitulah perjalanan sikat gigi dan odol. Menemukan benda sederhana seperti itu ternyata memerlukan waktu panjang dan beberapa tahap. Apalagi menemukan benda rumit seperti mobil. Wah, bagaimana perjalanan membuat mobil seperti yang sekarang kita kenal, ya? Ok, nanti kita cari tahu ya.... 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ASAL-USUL SIKAT GIGI DAN ODOL"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....