TAHUKAH KAWAN, BAGAIMANA BILA KADAL KECIL ADA YANG MENGGANGGU?



Kadal Berjumbai  menegakkan lehernya agar terlihat lebih besar dan seram (sumber foto: re-tawon.com)

SPESIES kadal termasuk Reptil. (Lihat TAHUKAH KAWAN APA REPTIL ITU?). Kadal ada yang panjangnya sampai 3 meter seperti komodo. Tapi banyak kadal yang ukurannya kecil-kecil. Ukuran terkecil adalah tokek rumah yang hanya sebesar korek api. Makanya mereka seringkali menjadi incaran pemangsa seperti ular, burung-burung, dsb.

Nah, bagaimana kadal-kadal kecil itu menghindari diri dari pemangsa? Kadal-kadal itu pun berkembang menjadi kadal-kadal yang unik. Ada yang tubuhnya seram penuh duri dengan warna-warni padahal dia jinak, ada yang benar-benar menyeramkan karena beracun, ada juga yang sok jagoan padahal tetap takut.

Kadal Monster Gila yang ditemukan di gurun-gurun Meksiko dan Amerika Barat Daya mengeluarkan racun untuk melumpuhkan lawannya. Kadal armadila bergulung untuk melindungi perutnya yang lebih lembek dibanding kulit lainnya. Kadal setan bertanduk tampak seram dengan sisik dan duri yang runcing dan warna mencolok. 

Lihatlah kadal berjumbai yang ditemukan di Australia. Kadal ini menaikkan lehernya yang lebat saat terancam. Maksudnya biar dia terlihat besar, gagah, dan tentu menyeramkan. Lain lagi dengan kadal armadilo Amerika Selatan. Kadal ini bersisik tebal dan tajam di punggung, kepala dan ekor. Dia akan menggulung diri, melindungi perutnya, bila terancam. 
Tentu yang paling menyeramkan sebenarnya adalah Monster Gila yang ditemukan di Meksiko dan Amerika Barat Daya. Kadal ini sebenarnya berbadan tambun dan lambat bergeraknya. Tapi dia melumpuhkan lawan-lawannya dengan racun. Ow, tentu saja kita harus menghindar bila bertemu dengannya. 
Di seputar rumah kita pun seringkali ditemukan spesies kadal. Cicak merayap di dinding, tokek juga sama. Sering ada juga kadal-kadal kecil yang berjemur di halaman saat matahari baru naik. Nah, amati deh, bagaimana reaksi mereka bila terancam. 

Autotomi juga dilakukan oleh jenis kadal tertentu. (sumber foto: idsurvival.com)

Saya pernah melihat kadal seperti itu di pinggir jalan. Waktu didekati, reaksi mereka mundur sambil melihat, mungkin mereka mengamati kita. Begitu lebih didekati, mereka melarikan diri ke rerimbun rerumputan, mungkin ada lubangnya di sana. Di rumah, cicak bila dikejutkan, kadang memutuskan ekornya yang menggelepar. Itu reaksi mereka agar terlepas dari bahaya. Reaksi cicak itu disebut AUTOTOMI.
CATATAN:
SPESIES = sekelompok binatang dengan jenis yang sama, dengan karakteristik yang sama.
AUTOTOMI = Kemampuan cicak melepaskan ekornya saat terancam



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TAHUKAH KAWAN, BAGAIMANA BILA KADAL KECIL ADA YANG MENGGANGGU?"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....