APA GUNANYA SISIK BAGI IKAN?

kumpulan ilmu pengetahuan alam

Sisik ikan mas yang rapi. Melihat lingkaran sisiknya, berapa usia ikan ini? 
Hayo, pada gak tahu ya.... (sumber foto: Wikipedia)

Saat kita makan ikan goreng seringkali terganggu dengan sisiknya yang keras. Makanya ibu-ibu di kampung (kemudian diikuti oleh chep-chep di restoran dan hotel) selalu mengerik dulu sisik ikan sebelum memasaknya.
Nah lho, jadi apa gunanya sisik-sisik yang memenuhi tubuh itu bagi ikan? 


Ikan mempunyai dua lapisan kulit. Lapisan luar mengeluarkan lendir. Itulah makanya ikan licin bila dipegang. Lendir ini melindungi ikan dari jamur dan bakteri. Lendiri ini berbau amis. Hayo, siapa yang gak suka dengan bau amis? Kalau kamu nyerah dengan bau amis, menurutku kamu anak manja hehe.... Kalau aku sih hobi banget nangkap ikan di kolam atau sungai.
Lapisan kedua, lapisan dalam, dermis istilah ilmiahnya (epidermis istilah untuk lapisan luar), mengeluarkan semacam tulang yang kita sebut sisik itu. Sisik melindungi tubuh ikan yang lunak. Sisik tersusun rapi, bisa melengkung sehingga ikan mudah bergerak. Konon, usia ikan bisa terlihat dari susunan lingkaran sisiknya. Hayo, kamu cari tahu dong lingkaran sisik yang menunjukkan usia itu....
kumpulan ilmu pengetahuan alam

Menangkap ikan adalah hobi anak-anak. Semua anak? Belum tentu. 
Kamu termasuk yang hobi tidak?

Adakah ikan yang tidak mempunyai sisik? Banyak. Lele dan sejenisnya, belut dan kerabatnya, tidak mempunyai sisik. Jadi, bagaimana mereka melindungi dirinya? 
Nanti kita cari tahu ya....  


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "APA GUNANYA SISIK BAGI IKAN?"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....