Rahasia Agar Aglonema Tumbuh Subur dan Rimbun



Trend tanaman hias saat ini adalah aglonema. Makanya tanaman yang disebut juga Sri Rejeki ini harganya terus melambung. Penghobi yang menunggu-nunggu sampai harganya turun, ternyata malah gigit jari, karena harga malah terus naik.

Sebagai gambaran, aglonema moonlight yang dulu bisa dibeli dengan harga 100K, saat ini harganya mencapai 400K. Aglonema Red Sumatera, Khanza, Red Anjamani, dan banyak jenis lainnya, ikut-ikutan harganya naik. 

Harga yang fantastis itu, belum tentu juga begitu sampai ke rumah aglonema tetap rimbun, subur, bagus, seperti di toko tanaman hias. Kenapa? Karena banyak juga penghobi yang belum tahu banyak cara memelihara aglonema. Padahal aglonema termasuk jenis tanaman yang relatif mudah dipelihara. Dia tidak terlalu rewel dengan sinar matahari yang harus banyak atau mesti tidak boleh tersorot. 

Banyak penghobi yang mengeluh, kok aglonema yang baru dibeli malah lonyot, lemas, dan kemudian satu per satu daunnya mengering. Ini adalah rahasia perawatannya:

1. Jangan terlalu sering disiram. Kalau tanaman hias lain kebanyakan mesti disiram setiap hari, dua kali sehari, aglonema tidak seperti itu. Siramlah saat media tanamnya kering. Aglonema suka lembab, tapi tidak basah. Termasuk penyakit utama adalah akar busuk, dan itu disebabkan oleh media tanam terlalu basah.

2. Nutrisi yang cukup. Minimal sebulan sekali, kasihlah nutrisi tambahan. Misalnya dari merk Gandasil D, atau Growmore, itu yang banyak dipakai penghobi aglonema yang sudah berhasil.

3. Air cucian beras. Sebelum ramai seperti sekarang, saya pernah punya aglonema blnaceng susu. Aglonema murah karena termasuk jadul, sudah banyak di masyarakat. Aglonema jenis ini termasuk yang tidak rewel dengan air. Saya menyiramnya setiap hari, tapi sedikit, dengan air bekas cucian beras. Suatu hari ada ibu-ibu yang sengaja mampir ke rumah, merasa terpesona dengan aglonema yang sudah rimbun itu. Saya baru sadar, aglonema itu sudah menjadi rimbun, indah, dan subur. Air cucian beras ini juga suka direkomendasikan oleh para penghobi yang berpengalaman.

Sudah dulu ya. Nanti kita bahas lagi yang lainnya. Semoga bermanfaat. @@@
foto: shopee.co.id


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rahasia Agar Aglonema Tumbuh Subur dan Rimbun"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....