NEGARA MANA YANG BAHASA DAERAHNYA TERBANYAK?



Kata orang Mandarin : “Ni hao....”
Kata orang Jepang : “Konichi wa....”
Kata orang Amerika Serikat : “Hello....”
Kata orang Prancis : “Bonjour....”


Sekali waktu, pernahkah kita bertanya, ada berapa bahasa di dunia ini? Dulu pada jaman batu orang berkomunikasi lebih mengandalkan “bahasa tarzan”. Mereka ber-auo-auo ketika sedang bersantai atau sedang berburu mammoth. Beberapa abad kemudian, orang sudah bisa berkomunikasi dengan tanda-tanda yang disebut “kata”.
bumikukeluargaku
Bahasa besar yang ada di Asia

Nah, saat ini, di setiap daerah punya bahasanya masing-masing. Sebuah negara bisa mempunyai puluhan bahasa. Jadi ada berapa bahasa di dunia ini? Katanya, ada 3.000 sampai 5.000 bahasa di dunia ini. Ada bahasa yang digunakan oleh jutaan orang, ada juga yang hanya digunakan oleh beberapa puluh orang saja.
Bahasa yang paling banyak digunakan adalah Inggris, Cina Mandarin, Hindi, dan Spanyol. Di negara yang banyak bahasanya, biasanya ada bahasa yang dipahami bersama. Misalnya di negara kita, ada banyak bahasa daerah, dan setiap daerah (suku) itu disatukan dengan bahasa yang dimengerti bersama yaitu bahasa Indonesia. Makanya bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan bahasa persatuan.
bumikukeluargaku

Negara yang paling banyak bahasanya, yaitu India. Di India ada sekitar 800 bahasa. Konon bila dihitung dengan luas wilayahnya, di India sekitar 20 km ada bahasa yang berbeda. Untungnya ada film India, eh... bahasa Hindi atau Inggris, yang bisa dimengerti oleh banyak orang....

 Sumber foto: WWP, Tigaraksa



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "NEGARA MANA YANG BAHASA DAERAHNYA TERBANYAK?"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....