TAHUKAH KAWAN, TUMBUHAN ITU TIDAK MAKAN?

“Benarkah tumbuhan itu tidak makan?” tanya seorang teman.
“Benar. Maksudnya, tidak makan seperti manusia atau binatang makan. Tumbuhan membuat makanan sendiri.”




Makanan tumbuhan itu berasal dari mineral yang diserap dari dalam tanah. Mineral yang paling penting itu antara lain Nitrogen, Fosfor, dan Kalium. Makanya pupuk yang terkenal buat tumbuhan adalah NPK. Petani pasti tahu, untuk apa saja NPK itu. Bahan makanan ini sering juga kita sebut pupuk.
Pupuk atau banyak mineral yang diserap akar itu kemudian diproses dengan energi sinar matahari di daun. Daun mengandung klorofil, yaitu zat hijau daun, yang ajaibnya bisa mengubah mineral menjadi makanan. Klorofil bisa menyerap energi sinar matahari, lalu memproses mineral dengan energi matahari menjadi makanan. Proses pembuatan makanan itu disebut fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari proses fotosintesis itu kemudian dibawa ke seluruh bagian tumbuhan. Klorofil juga yang menjadikan dedaunan tumbuhan berwarna hijau.


Begitulah, mengapa disebut tumbuhan tidak makan, tapi membuat makanan sendiri.  
“Ada makhluk hidup seperti tumbuhan, tumbuh di tanah, tapi dia tidak bisa membuat makanan sendiri,” kata teman itu lagi.
“Itu bukan tumbuhan. Ciri mandiri tumbuhan adalah bisa membuat makanan sendiri. Kalau yang tadi itu termasuknya Fungus. Fungus tidak memiliki klorofil, makanya tidak bisa membuat makanan sendiri. Jamur atau yang biasa disebut cendawan, termasuk Fungus ini. Fungus menyerap makanan dari tumbuhan mati atau dedaunan busuk. Atau juga tumbuh menempel di tumbuhan lain dan menyerap makanan dari tumbuhan inangnya.”
sumber foto: theodysseyonline.com



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TAHUKAH KAWAN, TUMBUHAN ITU TIDAK MAKAN?"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....