TAHUKAH KAWAN, TIKUS TERBESAR PANJANGNYA MENCAPAI SETENGAH METER & BERAT 1 KG?

bumiku keluargaku

Sudah lama sebenarnya ada kabar tikus raksasa yang panjangnya mencapai setengah meter dan berat sampai 1 kg. Tikus yang hidup di pohon ini bisa melubangi kelapa. Penduduk Kepulauan Solomon sudah lama menceritakan tentang tikus yang oleh mereka disebut Vika itu. Kepulauan Solomon yang terletak antara Papua Nugini dan Vanuatu, sudah lama dikenal mempunyai spesies yang tidak ditemukan di tempat lain. Namun laporan di International Social Science Journal pada 1995 itu tidak berlanjut karena susahnya menemukan tikus raksasa itu.


Dilaporkan The Independent 27 September 2017, jejak tikus raksasa itu baru ketahuan tahun 2015. Di Pulau Vanganu saat menebang pohon, seekor Vika ikut terjatuh. Sayangnya Vika itu mati. Meski begitu, para peneliti bisa diyakinkan akan keberadaan Vika dan menelitinya.
“Hasil DNA membuktikan bahwa spesies ini baru dan belum pernah ditemukan sebelumnya,” Dr Tyrone Lavery yang ikut dala penelitian tikus raksasa ini. Tikus ini pun kemudian diberi nama ilmiah Uromys vika.
Sayangnya keberadaan Uromys vika ini saat ini terancam. Penyebabnya adalah habitat mereka yang rusak oleh penebangan hutan.  “Ini sudah mencapai tahap di mana tikus ini tidak akan pernah kita temukan jika kita tidak menemukannya sekarang,” kata Dr Lavery.

Wah, sudah susah menelusurinya, eh sudah hampir punah lagi. 
sumber foto: sci-news.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TAHUKAH KAWAN, TIKUS TERBESAR PANJANGNYA MENCAPAI SETENGAH METER & BERAT 1 KG?"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....