HATI-HATI, CEMAS BERLEBIHAN BISA MENYEBABKAN BERKERINGAT DARAH

kasus langka di tubuh kita

Kasus langka di dunia kesehatan kembali dicatat dan menarik perhatian banyak kalangan. Seorang perempuan muda yang baru berusia 21 tahun dilaporkan mengeluarkan keringat darah. Seperti dilansir Canadian Medical Association Journal (23-10-2017), perempuan Italia itu mengaku sering berkeringat darah dari telapak tangan dan wajahnya.


Kasus berkeringat darah ini sebenarnya bukan yang pertama kali terjadi. Sejak berabad-abad yang lalu sudah dilaporkn adanya “kelainan” ini. Hanya saja peristiwanya memang sangat langka. Sejak tahun 1600-an, literatur medis telah mencatat penyakit yang kemudian disebut “hematidrosis” itu. Tapi sampai sekarang, hanya puluhan saja yang tercatat di literatur medis.
Gejala dari hematidrosis, seperti dilansir health.detik.com (1-6-2011), adalah keluar keringat darah dari pori kulit. Pembuluh darah kecil yang menyuplai menjadi ketat dan mengecil, sehingga ketika pembuluh darah melebar akan terjadi pendarahan. Pembuluh darah ini mengecil karena adanya semacam bahan kimia yang bisa sampai memecahkan pembuluh darah ini.
Penyebab dari hematidrosis ini sampai saat ini masih belum bisa dipastikan, karena memang belum ada penelitian yang mendalam. Tapi ahli medis sering mengaitkannya dengan stres, ketakutan atau kecemasan yang teramat dalam atau ekstri yang dialami seseorang. Dr. Frederick Zugibe, ahli forensik dari New York, menuturkan hematidrosis adalah salah satu efek samping yang ekstrem dari respons fight or flight. Sebagian besar terjadi ketika seseorang mengalami stres kecemasan atau ketakutan yang teramat dalam,  
Kompas.com (21-10-2017) melansir bahwa perempuan yang diceritakan di atas, mendapatkan pengobatan untuk tekanan darah tinggi. Pengobatan ini tampaknya cukup berhasil karena pendarahannya berkurang, meski tidak sepenuhnya berhenti. Dia juga diberi antidepresan untuk mengatasi gejala depresi akibat kondisi sakitnya.

Jadi, salah satu cara menghindari hematidrosis itu adalah hidup yang tenang. Keseimbangan kesehatan jiwa dan raga. 
sumber foto: crystalinks.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "HATI-HATI, CEMAS BERLEBIHAN BISA MENYEBABKAN BERKERINGAT DARAH"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....