5 FAKTA UNIK HEWAN INI JARANG DIKETAHUI


Banyak hewan yang ada di sekeliling kehidupan manusia. Kita mengenal nama-namanya. Mengetahui wujudnya karena hewan-hewan itu ada di sekeliling rumah, kebun binatang, televisi, film, dsb. Tapi pengetahuan kita tentang hewan seringkali susah bertambah. Hampir setiap hari kita melihat semut, tapi siapa yang tahu kehidupan semut yang selengkapnya? Berikut adalah fakta-fakta tentang hewan yang bisa jadi banyak yang baru mengetahuinya.


1.     Anak kanguru sebesar kacang tanah. Seperti dilansir australia.com (12-10-2016), berat badan kanguru bisa sampai 90 kg. Tapi anaknya ketika lahir hanya sebesar kacang tanah. Bayi kanguru itu akan berjuang merangkak ke dalam kantung ibunya. Kantung kanguru adalah tempat terindah bagi bayi-bayi mungil. Hangat, halus, aman, dan susu yang ada di sana selalu memancarkan air susu. Makanya anak kanguru baru keluar lagi dari kantong ibunya setelah dia besar, berkali-kali lipat dari saat dia lahir.   
2.      Kuda laut jantan “melahirkan”. Pasti banyak yang bingung. Masa jantan melahirkan? Begini ceritanya. Kuda laut jantan mempunyai kantung di depan perutnya. Saat kuda laut betina bertelur, telur-telur itu dikumpulkan kuda laut jantan dan dimasukkan ke dalam kantungnya. Telur-telur itu dibawa ke mana pun perginya kuda laut jantan. Saat masanya menetas, anak-anak kuda laut itu keluar satu per satu dari kantung bapaknya.
3.      Katak dan kodok itu berbeda. Masih banyak yang menganggap bahwa katak itu ya kodok, kodok itu ya katak. Padahal keduanya berbeda. Katak itu meloncatnya lebih jauh, kulitnya lebih halus, kaki belakangnya panjang dan kuat, biasanya hidup di dekat perairan, di pohon-pohon. Sementara kodok berkulit kasar, lebih tahan kering malah ada kodok yang tinggal di gurun pasir.
4.     Penjajahan terjadi di dunia semut. Semut adalah hewab yang hidup berkelompok dan terorganisir. Di masyarakat semut sudah ada tugasnya masing-masing. Semut ratu bertubuh lebih besar tugasnya hanya melahirkan, semut penjaga keamana capitnya lebih besar, semut pekerja yang paling banyak. Tapi ada juga jenis semut yang sengaja menyerang koloni semut lainnya, merampas telur-telurnya. Telur-telur itu mereka bawa ke sarangnya. Dan setelah menetas, semut-semut yang dicuri itu dipekerjakan untuk melayani majikannya.
5.  Tikus terbesar panjangnya setengah meter dan berat 1 kg. Seperti dilansir theindependent.co.uk (27-9-2017), tahun 2015 ditemukan tikus besar yang lebih dikenal dengan nama Vika di kepulauan Solomon (dekat Papua Nugini). Tikus pohon itu panjangnya mencapai setengah meter dan beratnya 1 kg. Coba, siapa yang pernah menemukan tikus lebih besar dari itu?

 foto: wonderapolis.org

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 FAKTA UNIK HEWAN INI JARANG DIKETAHUI"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....