KHASIAT DAUN SUJI JARANG DIKETAHUI, BILA BATUK COBALAH MINUM JUSNYA

bumiku keluargaku

Belum lama saya mengenal daun suji sebagai obat. Awalnya saat anak batuk, ada tetangga yang menyarankan minum rebusan daun suji. Katanya dia sekeluarga sudah lama minum daun suji setiap ada yang terkena sakit batuk. Saya pun mencobanya. Benar saja, malam kemarin anak saya tidurnya terganggu batuk. Setelah minum daun suji dia lebih nyenyak.

Awalnya saya agak kesulitan membedakan daun suji dengan pandan. Padahal keduanya punya ciri yang khas. Seperti dilansir aryanto.id (22-7-2017), dun pandan cenderung berwarna hijau cerah, sementara daun suji hijau tua, daun pandan memiliki tulang daun di bagian tengah sementara daun suji tidak, daun pandan sering digunakan untuk pengharum kue sementara daun suji untuk pewarna makanan.
Seperti dilansir mediskus.com (28-6-2017), selain untuk obat batuk, daun suji pun biasa dipakai untuk pengobatan ini:
1.      Meringankan penyakit beri-beri. Penyakit ini dikenal karena kekurangan vitamin B. Dengan meminum rebusan daun suji, gejala beri-beri seperti sulit berjalan, geli di titik tertentu, keulitan bicara. lambat laun berkurang.
2.      Kadang ada wanita yang merasakan nyeri di bagian perut saat haid datang. Air rebusan daun suji bisa dicoba untuk mengatasinya. Untuk hasil yang lebih maksimal, minum pagi hari dan malam.
3.      Penawar racun. Air rebusan daun suji juga bisa menjadi penangkal keracunan makanan. Kandungan alkaloid membantu menetralisir dan membuang racun di dalam tubuh. Minum dua hari sekali untuk hasil yang lebih maksimal.
4.     

Menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol tinggi sangat berbahaya karena bisa memicu penyakit berat seperti stroke dan jantung. Kandungan zat saponin di dalam daun suji mampu menurunkan kolesterol yang tinggi.
5.      Mengatasi masalah pencernaan. Sembelit, disentri, dan masalah pencernaan lain, bisa dicoba untuk mengatasinya dengan minum air rebusan daun suji. Kandungan tannin sanggup mengatasi gangguan pencernaan.
6.      Meringankan sakit gigi. Sakit gigi bisa disebabkan oleh gigi berlubang, keropos, gusi berdarah, bakteri di dalam mulut; semuanya bisa diringankan dengan berkumur dengan rebusan air daun suji. Sebelum penyebabnya disembuhkan, berkumurlah 3 kali sehari dengan air suji.
7.      Mencerahkan kulit wajah. Kandungan polifenol dan flavonoif bermanfaat melembabkan kulit, mengontrol kadar minyak pada kulit wajah. Bagi yang telah berpanas-panasan di bawah terik matahari, masker daun suji bisa dicoba untuk menyegarkannya kembali.
ffoto: aryanto.id



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KHASIAT DAUN SUJI JARANG DIKETAHUI, BILA BATUK COBALAH MINUM JUSNYA"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....