Unik, Domba-Domba Melawan Militer


Ini bukan cerita dalam Shaun the Sheep. Tapi kisah nyata. Pangkalan militer yang merupakan program negara, malah organisasi antarnegara, terganggu dengan kehadiran domba-domba yang merumput. Tentu domba-domba itu tidak mau tahu itu program negara, penting atau tidak, dsb. Yang penting ada rumput, ya makan.

bumikukeluargakusindonews.com

Seperti dilansir idntimes.com (16-1-2018), sekitar 250 ekor domba yang merumput di sebuah lapangan telah mengganggu radar antirudal milik pangkalan militer Amerika Serikat di Rumania. Domba-domba itu masuk ke wilayah sensor keamanan. Pemerintah Rumania dan pangkalan militer itu pusing dibuatnya.

bumikukeluargakunato.int
Seperti dilansir sindonews.com (1-6-2016), Amerika Serikat meresmikan pangkalan militer di Rumania tahun 2016 lalu. Konon pangkalan militer bernama Aegis itu menghabiskan dana sebesar 800 juta dollar US.

cnbc.com
Sejak berdirinya, pangkalan militer itu sudah banyak bermasalah. Maksud pembangunan pangkalan Aegis itu untuk melindungi negara-negara NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara) dari serangan rudal jarak menengah dan jauh terutama dari Timur Tengah. Tapi Rusia sempat merasa terancam dan mengancam mengadakan tindakan balasan.

gov.ro
Menghadapi Rusia pemerintah Rumania dan Amerika Serikat bisa berunding. Tapi tidak menghadapi domba-domba itu. Mereka tidak bisa mengusirnya. Apalagi menembaknya dengan rudal. Ya, karena domba-domba itu sudah ada di sana sejak 2007. Sang pemilik, Dumitri Bleza, sudah membuat kandang-kandang sejak tahun itu.

idntimes.com


Perselisihan antara Dumitri Bleza dan pemerintah Rumania (yang di belakangnya ada kepentingan AS) berlanjut ke pengadilan. Mereka saling menuntut. Apapun putusan pengadilan, rasanya lucu pemerintahan negara-negara besar bersikukuh melawan seorang rakyatnya yang hanya memiliki ratusan domba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Unik, Domba-Domba Melawan Militer"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....