Unik dan Misterius, 7 Penemuan di Bawah Air

bumiku keluargaku

Dunia ini memang lebih luas daerah perairannya. Daratan hanya terdiri dari 30% saja. Karena itu tidak aneh bila di bawah air banyak ditemukan sesuatu yang menakjubkan. Mulai dari artefak kebudayaan manusia, sampai sesuatu yang baru diketahui oleh manusia. Seperti dilansir list25.com (5-1-2018), kemajuan teknologi memungkinkan arkeolog bawah air menemukan berbagai hal secara lebih mudah dan cepat.


Penemuan berikut masih dianggap suatu keberhasilan arkeolog bawah. Ada yang sudah terungkap rahasianya. Ada yang masih misterius ampai sekarang. Mari kita lihat, benarkah ini unik bagi kita?

1.      Alat modern Yunani. Tahun 1901 (walah lama banget), para penyelam menemukan mekanisme Yunani berusia 2000 tahun dari kapal karam Antikythera. Bertahun-tahun para ilmuwan tidak bisa menerangkan benda itu. Tapi saat teknologi canggih dan sinar-X digunakan, misterinya mulai terungkap. Benda itu adalah semacam komputer canggih yang memetakan kalender matahari dan bulan. Bila begitu, semodern apa peradaban manusia yang sanggup membuat benda seperti itu?

bumiku keluargakulist25.com
2.      Titanic. Tahun 1985 mantan kapten Angkatan Laut dan ahli kelautan Robert Ballard menemukan reruntuhan kapal Titanic. Salah satu penemuan terbesar itu bisa merekonstruksi bagaimana kapal besar legendaris itu bisa tenggelam. Ini juga yang mengilhami James Cameron membuat film Titanic yang mengesankan banyak orang sampai hari ini.

bumiku keluargakulist25.com
3.       Pil Romawi. Para ilmuwan Italia menemukan pil obat Romawa di kapal pengiriman yang tenggelam sekitar 2000 tahun lalu di lepas pantai Tuscany. Plat timah yang menjadi wadah pil obat itu benar-benar bisa menahan air atau angin msuk. Pil obat itu tetap kering. Setelah diperiksa kandungannya, obat-obatan itu adalah obat mata.

bumiku keluargakulist25.com
4.      Laba-laba bawah air. Spider bell diving sebagian besar hidupnya di bawah ar. Sebelum menyelam, laba-laba itu membuat gelembung yang membungkus tubuhnya. Seperti manusia memakai gas untuk bernafas di dalam air, laba-laba ini juga memanfaatkan udara yang terjebak di dalam gelembung. Penemuan di bawah air ini juga masih termasuk yang menakjubkan.

bumiku keluargakulist25.com
5.       Ice Finger.of Death. Bila saat ini dunia ilmu pengetahuan dihebohkan oleh penemuan salju di Sahara, di dasar laut sudah lama ditemuaka semacam tornado yang bernama ice finger of death. Gumpalan es ini mengarah ke arah permukaan. Dalam perjalanannya  ice finger sanggup membekukan semua yang disentuhnya.

bumiku keluargakulist25.com
6.      Lokomotif langka. Di lepas pantai New Jersey ditemukan dua lokomotif langka yang diperkirakan tenggelam tahun 1850-an. Sampai sekarang lokomotif ini masih belum bisa memberikan banyak catatan. Ya, karena di dalam lokomotif ini tidak ditemukan apapun yang bisa mengembangkan penelitian.

bumiku keluargakulist25.com
7.      Pavlopetri. Desa kuno di Yunani diperkirakan mulai tenggelam sekitar 5.000 tahun lalu. Kota kuno ini dianggap paling tua yang tenggelam di dunia. Para ilmuwan memperkirakan kota ini tenggelam karena gempa yang menggeser tanah.
bumiku keluargaku
list25.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Unik dan Misterius, 7 Penemuan di Bawah Air"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....