Ikan Mohawk Ikan yang Berjalan


Meski planet bumi ini sudah didiami oleh manusia sejak berjuta tahun lalu, tapi banyak hal yang masih “rahasia” di planet bulat ini. Karenanya selalu saja ada “sesuatu yang baru” yang ditemukan. Salah satunya adalah ikan mohawk yang belum lama ditemukan oleh penyelam IMAS (Institut for Marine and Antartika Studies) dan proyek sains warga RLS (Reef Life Survey). Disebut mohawk karena ada sirip di atas kepala seperti jambul, dua sirip di samping seperti tangan dan dua sirip di bawah. Warnanya merah cerah. Jadi saat ikan ini maju seperti berjalan.



bumikukeluargakulivescience.com



Penemuan ikan mohawk yang dianggap aneh ini berawal dari penemuan kelompok-kelompok ikan ikan merah lainnya di Frederick Henry Bay, di lepas pantai tenggara pantai Tasmania, Australia. Kelompok ini terdiri dari 20 sampai 40 ikan. Beberapa kilometer dari sana, ditemukan ikan mohawk yang juga terdiri dari 20 sampai 40 ekor. Tapi ikan aneh ini dirahasiakan keberadaannya.

bumikukeluargakuimas.utas.edu.au
“Ikan ini berjalan lamban, jadi gampang ditangkap oleh para kolektor liar,” kata Rick Stuart-Smith, ilmuwan IMAS dan pendiri RLS. Makanya ikan mohawk ini dirahasiakan keberaaan. Mereka tinggal perkelompok. Satu kelompok menguasai wilayah sekitar 2 kali lapangan tenis. Satu wilayah yang sangat kecil, karena mereka seperti berjalan itu, jadi tidak terlalu banyak bergerak.

bumikukeluargakumaritime-executive.com
Sedikitnya ada 10 kelompok ikan mohawk ini yang diketahui. Mereka menyebar di habitat yang beragam. Ada yang hidup di muara dangkal ada juga di tempat yang lebih dalam. Sayangnya belum banyak yang diketahui tentang perilaku mereka. Karenanya masih perlu penelitian yang mendalam tentang ikan mohawk ini.kolektor liar gampang menangkapnya, ikan ini dianggap punah.
Menurutmu, apakah ini termasuk ikan aneh?   
Sumber: livescience.com, sains.kompas.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ikan Mohawk Ikan yang Berjalan"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....