Ketahui 5 Mitos Kesehatan Ini

Mitos-mitos tentang kesehatan sudah lama berkembang di masyarakat. Ilmuwan banyak yang kemudian melakukan penelitian berdasarkan mitos itu. Sayangnya, hasil dari penelitian belum maksimal terserap oleh masyarakat. Karena itu mitos-mitos itu tetap ada dan bisa menyesatkan. Berikut adalah 5 mitos kesehatan yang termasuk populer di masyarakat.

Referensi pihak ketiga


1. Radiasi HP menyebabkan tumor otak dan menjadikan otak mengecil. Dokter spesialis sarap RS Royal Surabaya, dr. Bambang Kusnadi SpS, mengatakan bahwa radiasi memang bisa menyebabkan kanker, namun dalam dosis besar. Sedangkan radiasi HP termasuk sangat kecil. “Di Denmark telah dilakukan penelitian terhadap 400.000 orang yang sudah 20 tahun menggunakan HP. Hasilnya, tidak ditemukan hubungan langsung antara HP dengan tumor otak,” kata dr. Arie Munandar, SpOnk dari RSCM Jakarta.

Referensi pihak ketiga
2. Coklat menyebabkan obesitas. Mitos ini sempat membuat cemas para penyuka coklat. Mungkin tadinya yang menyampaikan info ini bercanda. Ya, coklat bisa menyebaban kegemukan kalau dimakan satu keranjang. Karena ternyata penyuka coklat malah cenderung kurus. Penelitian yang pernah dilakukan di University of California menyatakan begitu. Tapi harus diwaspadai campuran coklat seperti gula yang berlebihan, pola makan lainnya yang berlebihan, dan hidup tanpa olahraga teratur.

Referensi pihak ketiga
3. Bisa terkena flu bila saat cuaca dingin keluar rumah tanpa jaket. Mitos itu sampai sekarang masih banyak dipercaya. Keluar rumah di cuaca dingin tanpa jaket memang kebangetan, tubuh saja yang tidak nyaman kedinginan. Tapi itu bukan penyebab flu. Virus influenza yang masuk ke dalam tubuhlah penyebab flu. Hanya saja, virus ini musimnya berkembang saat cuaca dingin. Jadi kedua kondisi ini sering dikaitkan. Jadi bila musim dingin, daya tahan tubuh yang harus diperkuat dengan makanan bergizi, teratur, dan berolahraga. Bila keluar rumah, tetap saja pakai jaket, karena kasihan itu tubuh tinggal tulang sama... (terusnya lagu Iwan Fals hehe...)

Referensi pihak ketiga
4. Terlalu banyak minum air putih tidak berbahaya. Kelebihan minum memang jarang terjadi. Tapi dalam sebuah kontes banyak minum, ada seorang kontestan yang sampai meninggal. Kelebihan air menyebabkan hiponatremia, keadaan saat kadar natrium jadi encer dan sel-sel membengkak. Gejalanya, mual, muntah, sakit kepala, pusing, kebingungan, dan kejang.

Referensi pihak ketiga
5. Semakin tua hasrat seksual semakin menurun. Sejumlah studi tidak membenarkan mitos itu. Hanya saja sejumlah penyakit yang bisa menurunkan hasrat seksual itu. Jadi bila semakin tua tubuhnya tetap sehat, hasrat seksual pun tetap fit. Penelitian tahun 2011 membuktikan bahwa pasangan tua yang rutin melakukan hubungan intim lebih berbahagia daripada pasangan muda yang jarang melakukannya. Intinya, tubuh harus tetap sehat sampai tua, agar....

Referensi pihak ketiga
Sumber: detik.com (13-4-2016), jawapos.com (11-7-2017), healindonesia.com (27-5-2010), slideshare.net (24-4-2017)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ketahui 5 Mitos Kesehatan Ini"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....