Makanan Ekstrim yang Ada di Indonesia

bumiku keluargaku
Makanan khas di suatu daerah seringkali dianggap ekstrim di daerah lain. Ya, terutama bila bahan makanan itu tidak biasa dicicipi. Di wilayah negara kita saja, sebenarnya banyak makanan yang di suatu daerah menjadi kuliner khas tapi untuk daerah lain termasuk ekstrim.


Berikut adalah beberapa makanan yang mungkin dianggap ekstrim di daerah lain. Apakah menurutmu juga ekstri, Sobat US? Mari kita lihat kuliner seperti apa itu.
1. Ulat sagu. Makanan ini tidak terlalu banyak diolah. Bisa dimakan langsung hidup-hidup. Kalaupun diolah dibakar alias dibuat sate. Ulat sagu ini sudah biasa bagi masyarakat Maluku dan Papua Barat. Katanya ulat ini rasanya enak, agak-agak manis. Kita tahu ulat itu hanya makan pohon sagu, jadi kaya protein. Apakah kamu berani mencobanya, Sobat UC?

gotravelly.com
2. Tikus asap. Tentu saja tikus yang diasap ini bukan tikus yang biasa keluar-masuk gorong-gorong kotor. Di alam seperti tepi hutan, perkebunan, tikus tinggal di lubang-lubang tanah atau pohon-pohon. Di Manado tikus seperti itu biasa diasap. Bagi yang tinggal di daerah lain, mencicipi tikus asap tentu saja perjuangan berat. Ya, karena kuliner ini bisa disebut ekstrim meski katanya rasanya sangat lezat. Apakah ada yang berani mencicipinya, Sobat UC?

phinemo.com
3. Botok tawon. Botok itu makanan yang khasnya memakai parutan kelapa, petai cina, teri atau udang, ada juga yang memakai ikan asin peda. Tapi di Jawa Timur botok memakai tawon. Bagi masyarakat daerah lain botok tawon ini dianggap ekstrim. Padahal tawon itu kan penghasil madu, apa ekstrimnya? Ya, karena nggak biasa saja.

phinemo.com
4. Masih di Jawa Timur, di Jawa Barat pun kadang ada yang memasaknya, ada rempeyek (peyek, gorengan) laron. Enak, gurih, renyah. Tapi bagi yang tidak biasa, begitu tahu laronnya itu, pasti menganggapnya ekstrim. Adakah Sobat UC yang berani mencoba?

phinemo.com
5. Sate biawak. Masyarakat Indonesia Timur biasa membuat sate biawak. Tapi sekarang di kota-kota besar pulau Jawa pun tidak susah mendapatkan kedai sate biawak. Selain untuk dinikmati, katanya bisa dipakai pengobatan kulit.

phinemo.com
6. Tokek goreng. Entah dari daerah mana kuliner ini berasal. Tapi di kota besar seperti Jakarta, Bandung, ada kedai yang menyiapkan menu tokek goreng. Bagi yang tidak biasa, membayangkannya saja sudah mual, apalagi mencicipinya, perlu perjuangan berat.

phinemo.com
7. Kelelawar bumbu kecap. Di perkampungan Jawa Barat kadang terdengar kabar ada yang menangkap kelelawar untuk dibuat kuliner. Tapi di Manada masih banyak yang membuat kuliner kelelawar bumbu kecap. Ya sudah, bagi yang berkesempatan ke Manado, kuliner ini menantanmu.

phinemo.com
Sumber : kompas.com (18-6-2017), gotravelly.com (25-1-2018), phinemo.com (28-12-2014)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan Ekstrim yang Ada di Indonesia"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....