Tradisi Merayakan Tahun Baru di Belahan Dunia, Mana yang Paling Unik?

Setiap bulan Desember mendekati akhir, pemberitaan media tidak luput dari persiapan menjelang pergantian tahun. Pedagang terompet mulai bermunculan, pengrajin tahunan diberitakan. Ya, di negara kita, perayaan malam tahun baru selalu ditandai dengan terompet dan kembang api. Apa di belahan dunia lain pun begitu? Seperti dilansir liputan6.com (19-12-2016), setiap negara punya tradisi yang berbeda. Begini di antaranya tradisi-tradisi itu:

1.      Indonesia. Di negara kita ini pergantian tahun baru selalu dirayakan dengan terompet dan kembang api. Orang-orang turun ke jalan, meniup terompet. Kembang api di mana-mana. Di kota, di desa, di tepi hutan pun bisa melihat pesta kembang api. Di rumah-rumah, keluarga, kerabat atau sahabat, begadang sampai tengah malah ditemani makanan yang dibakar. Jagung, ikan, daging ayam, biasanya menjadi santapan bersama.
2.      Denmark. Negara ini mempunyai tradisi unik merayakan tahun baru. Di rumh-rumah bila mempunyai piring yang tidak terpakai, tidak lantas membuangnya. Tapi dikumpulkannya untuk tahun baru. Pada hari terakhir bulan Desember dilemparkannya piring-piring itu ke pintu rumah tetangga. Tidak ada yang marah dengan perilaku itu. Malah semakin banyak piring pecah di depan pintu menandakan bahwa keluarga itu punya banyak sahabat.

apakabardunia.com
3.      Ekuador. Di negara ini tahun baru ditandai dengan bakar-bakar. Tradisi membakar orang-orangan dari jerami, diteruskan dengan membakar benda kenangan yang tidak disukai. Mereka beranggapan, dengan begitu kesialan pun bisa dilenyapkan.

mytrip.co.id
4.      Jepang. Di negara mushashi ini tradisi menjelang pergantian tahun ditandai dengan beres-beres rumah. Kumpul bersama keluarga sambil menyantap mi soba, masakan yang dipercaya membuat panjang umur. Selanjutnya membersihkan lonceng dan membunyikannya sebanyak 108 kali. Itu semua dipercaya bisa membuang sial. Tradisi modern kemudian datang: pesta kembang api meriah sekali.

nipponclub.net
5.      Amerika Serikat. Seperti dilansir keluarga.com (26-12-2014), pesta dan festival akan dirancang semeriah mungkin di negara ini. Dan saat malam pergantian tahun tiba, mereka menari dan menyanyi dengan pakaian warna-warni. Tepat pukul 00.00 mereka saling berpelukan dan mengucapkan : Happy New Year.

blog.reservasi.com
Semoga menambah wawasan dan menghibur.
Gambar sampul : blog.reservasi.com

bumikukeluargaku.blogspot.com ada karena inisiatif pribadi yang menyukai ilmu pengetahuan dan inspirasi. Tentu saja blog ini butuh dukungan untuk terus menambah wawasan dan tulisan. Bila Anda mendukung kami, tolong KLIK SPONSOR yang ada di blog ini. Atau BELI PRODUK yang kami jual. Terima kasih atas perhatiannya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tradisi Merayakan Tahun Baru di Belahan Dunia, Mana yang Paling Unik?"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :), jangan lupa tinggalkan jejak....