Anak-anak seringkali membayangkan terjadi hujan uang. Bila ada kapal lewat, mereka berteriak: Minta uang! Minta uang! Berharap terjadi hujan uang. Tapi yang terjadi adalah hujan ikan. Seperti yang dilansir Harian New York Times (29-9-2017), di wilayah pesisir Amerika, tepatnya Tampico, hujan turun disertai dengan ikan-ikan. Hujan ikan, orang-orang yang terkejut menyebutnya begitu. Orang-orang kemudian mengaitkan hujan ikan itu dengan hal-hal supranatural. Apa sebenarnya yang terjadi?
quora.com



Seperti yang dilansir intisari.grid.id (7-11-2017), hujan ikan sebenarnya sudah sering terjadi. Suatu hari yang basah tanggal 23 Oktober 1974, seorang pakar kelautan bernama Dr. A.D.D Bajkov, sedang makan bersama istrinya di sebuah kafe di Marksville, Lousiana, Amerika Serikat. Hujan kemudian turun. Anehnya, bersama hujan itu berjatuhan juga ikan-ikan. “Ada juga ikan yang sudah mati, tapi masih bisa dimakan,” kata Bajkov.
Analisa terhadap kejadian itu kemudian bermunculan. Ada yang berpendapat, kejadian hujan ikan itu merupakan gejala alam biasa yang disebut “migrasi antarpulau”. Burung-burung pemangsa ikan menjatuhkan tangkapannya karena dia mau bermigrasi. Pendapat lain mengatakan, ada ikan jenis tertentu yang biasa tidur (hibernasi) dan hidup kembali saat hujan turun.
bumiku keluargakubritannica.com
Tapi pendapat yang lebih masuk akal, seperti dilansir buku Aneka Keajabain (Tigaraksa, 2011), hujan ikan itu karena angin puting beliung yang melewati lautan. Angin itu berputar di lautan, mengangkut air dan ikan-ikan. Setelah terbawa angin, air dan ikan-ikan itu pun berjatuhan. Kenapa ikan-ikan itu masih menggelepar, karena air laut yang terbawa angin puting beliung kan berat, jadi peristiwa itu tidak lama. Tidak seperti air menguap menjadi awan dulu sebelum turun berupa hujan.
bumiku keluargaku
loc.gov
Tapi pendapat terbawa angin puting beliung pun ada yang membantah. Bila terbawa angin, ikan-ikan akan berjatuhan lebih menyebar. Beberapa kejadian ikan yang berjatuhan hanya di area 11 X 73 m. Lagipula, ada yang menemukan ikan kering seperti telah diasap.
Nah, bila membaca artikel ini, pendapat mana yang Anda percayai?
Artikel ini pernah tayang di UC We Media dengan judul Hujan Ikan, Kejadian Langka yang Masih Misteri.